Terbang dari Ganja, Jet F-16 Turki Hancurkan 2 Pesawat Tempur Armenia

VIVA Militer: Kendaraan tempur militer Armenia hancur terkena rudal Azerbaijan
Sumber :
  • The Epoch Times

VIVA – Campur tangan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dalam Perang Armenia-Azerbaijan semakin terlihat. Kabar terbaru yang muncul, jet tempur F-16 militer Turki berhasil menembak jatuh dua pesawat perang Sukhoi Su-25 Angkatan Bersenjata Armenia.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Menurut laporan yang diperoleh VIVA Militer dari Daily Sabah, ajudan Presiden Azerbaijan, Hikmet Hajiyev, mengklaim dua pesawat tempur Sukhoi Su-25 milik Angkatan Bersenjata Armenia jatuh di sebuah wilayah pegunungan Armenia, Rabu 30 September 2020.

Dugaan yang menyebut keterkaitan militer Turki dalam peristiwa itu, tak lepas dari pernyataan pemerintah Armenia sebelumnya. Sehari sebelum pertempuran udara tersebut, Kementerian Pertahanan Armenia smemberi pernyataan bahwa ada jet tempur Turki yang lepas landas dari pangkalan udara di provinsi Ganja, Azerbaijan.

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Akan tetapi, tuduhan tersebut langsung dibantah oleh Direktur Komunikasi Turki, Fahrettin Altun. Altun mengecam tudingan Armenia, yang dianggapnya menggunakan propaganda palsu.

VIVA Militer: Bangkai pesawat Sukhou Su-25 Angkatan Bersenjata Armenia

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

"Klaim bahwa Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Armenia sama sekali tidak benar. Armenia harus mundur dari wilayah pendudukannya, daripada menggunakan trik propaganda murahan," ujar Altin dikutip VIVA Militer dari Bloomberg.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan juga ikut membantah tuduhan Armenia itu. Dalam pernyataannya, Armenia dianggap telah mempublikasikan berita bohong dan menyesatkan. Kementerian Pertahanan Azerbaijan juga mengecam tindakan militer Armenia, tersebut.

"Tuduhan itu adalah fantasi lain dari mesin propaganda militer Armenia," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Azerbaijan.

Perang Armenia-Azerbaijan kembali meletus di wilayah Nagorno-Karabakh, selama hampir dua pekan. Dalam berita VIVA Militer sebelumnya, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengklaim telah membunuh 2.300 prajurit Armenia, yang didukung tentara bayaran Angkatan Bersenjata Artsakh. Di sisi lain, Angkatan Bersenjata Azerbaijan juga mendapat dukungan penuh dari militer Turki. 

Baca juga: Gila, Korban Perang Armenia-Azerbaijan Sudah Lebih dari 2 Ribu Orang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya