Armenia Siapkan Rudal Balistik Iskander Buat Serang Balik Azerbaijan

VIVA MIliter: Rudal balistik 9K720 Iskander Angkatan Bersenjata Armenia
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Perang Armenia-Azerbaijan terus berkecamuk di wilayah perbatasan Nagorno-Karabakh. Pasca serangan dahsyat pasukan Azerbaijan, Angkatan Bersenjata Armenia tengah menyusun siasat serangan balasan. Tak tanggung, Armenia menyiapkan rudal balistik.

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

Dalam berita VIVA Militer sebelumnya dilaporkan, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mempublikasikan data terbaru perang melawan Azerbaijan. Laporan itu mengklaim jika pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan berhasil membunuh 2.300 orang tentara Armenia, dan menghancurkan sejumlah unit kendaraan tempur dan sistem persenjataan.

Kemudian dalam laporan lainnya yang dikutip VIVA Militer dari Daily Sabah, ajudan Presiden Azerbaijan, Hikmet Hajiyev, menyebut dua pesawat Sukhoi Su-25 milik Armenia berhasil ditembak jatuh oleh pesawat F-16 Angkatan Bersenjata Turki (TSK), yang merupakan sekutu Azerbaijan.

Turki Bantah Punya Kerja Sama Militer dengan Israel

Serangan dahsyat pasukan Azerbaijan geram, dan berencana untuk melakukan aksi balasan yang lebih besar. Kementerian Pertahanan Armenia memberikan pernyataan siap mengerahkan rudal balistik jarak pendek 9K720 Iskander.

VIVA MIliter: Rudal balistik 9K720 Iskander Angkatan Bersenjata Armenia

Turki Bantah Tuduhan Kerja Sama Militer dengan Israel

Perlu diketahui, dalam data yang dikutip VIVA Militer dari Global Security, rudal balistik jarak pendek 9K720 Iskander memiliki jangkauan mencapai 500 kilometer. Tak hanya itu, rudal Iskander juga mampu membawa hulu ledak nuklir.

"Saat mereka merasa (Angkatan Bersenjata Armenia) perlu, saat logika permusuhan relevan sesuai dengan kebutuhan untuk menggunakan senjata ini, maka mereka pasti akan menggunakannya," ujar Artsrun Hovhannisyan, perwakilan Kementerian Pertahanan Armenia.

Rudal balistik 9K720 Iskander dibeli Armenia dari Rusia, yang merupakan sekutu terbesarnya. Tepatnya pada September 2016 di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Armenia ke-25, rudal balistik 9K720 didemonstrasikan, setelah ditebus dari perusahaan industri milirer Rusia, Rosoboronexport.

Pada Juli 2020, Perang Armenia-Azerbaijan juga terjadi. Saat itu, Armenia mengancam akan menghancurkan pembangkit listrik tenaga air terbesar Azerbaijan di pusat kota Mingachevir, dengan rudal balistik buatan Rusia tersebut.

Baca juga: Terbang dari Ganja, Jet F-16 Turki Hancurkan 2 Pesawat Tempur Armenia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya