Tentara Bayaran Armenia Tembak Jatuh Jet Tempur Azerbaijan

VIVA Militer: Rudal sistem pertahanan udara S-300 Armenia
Sumber :
  • Azerbaijan Defense Ministry

VIVA – Satu unit jet tempur Angkatan Bersenjata Azerbaijan dikabarkan jatuh setelah terkena serangan rudal sistem pertahanan udar S-300, Rabu 1 Oktober 2020. Pesawat itu disebut jatuh di wilayah selatan Nagorno-Karabakh, medan Perang Armenia-Azerbaijan.

Turki Menolak Pertemuan Trilateral Antara Armenia, AS dan UE Karena Ketidakhadiran Azerbaijan

Menurut laporan Armen Press yang dikutip VIVA Militer, unit pasukan Angkatan Bersenjata Artsakh (Nagorno-Karabakh), tentara bayaran yang berafiliasi dengan militer Armenia, mengerahkan unit sistem pertahanan udara S-300 setelah mengetahui ada jet tempur Azerbaijan berkeliaran.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan tidak diketahui jenis pesawat tempur Azerbaijan yang berhasil dihancurkan pasukan Artsakh.

Deretan Fakta Perang Armenia dan Azerbaijan yang Sedang Memanas

"Pasukan Pertahanan Udara Artsakh menembak jatuh pesawat perang Azerbaijan pada 1 Oktober 2020," bunyi pernyataan juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia, Shushan Stepanyan.

VIVA Militer: Sistem pertahanan udara S-300 Angkatan Bersenjata Armenia

2 Negara Tak Terduga Ini Sedang Memanas, Militer Saling Serang Senjata Mematikan

Serangan ini adalah respons atas aksi pasukan Azerbaijan sehari sebelumnya, yang berhasil memukul pasukan Armenia di sejumlah titik. Pasukan Azerbaijan yang didukung Turki, berhasil menghancurkan sejumlah kendaraan tempur dan artileri militer Armenia.

Tak cuma itu, VIVA Militer juga melaporkan dalam berita, Rabu 30 September 2020, dua unit pesawat tempur Sukhoi Su-25 Angkatan Udara Armenia jatuh di wilayah pegunungan. Dua pesawat perang Su-25 itu kabarnya hancur karena diserang jet tempur F-16 Fighting Falcon Angkatan Bersenjata Turki (TSK).

Setelah berhasil melaksanakan tugasnya, pasukan Artsakh mengklaim jika Angkatan Bersenjata Azerbaijan telah kehilangan tiga jet dan helikopter tempur, sejak pertempuran dimulai 27 September 2020.

Baca juga: Terlibat Perang Armenia-Azerbaijan, Turki Terancam Didepak dari NATO

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya