Perang Malam Hari, 4 Jet Tempur TNI Hancurkan Target Musuh

VIVA Militer: Jet tempur TNI Angkatan Udara melepaskan rudal ke target musuh
Sumber :
  • TNI Angkatan Udara

VIVA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan tempur khusus malam hari, Rabu 30 September 2020. Dua jenis pesawat andalan, F-16 Fighting Falcon dan T-50i dikerahkan TNI AU untuk menunjukkan kemampuannya.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari TNI AU, latihan khusus tersebut digelar oleh Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopasau) dan berfokus untuk menguji doktrin, prosedur, penerapan teknik dan taktik, dalam kesiapan operasional Koopasau II.

Poin-poin tersebut berfungsi sebagai sebuah sistem pencegahan, penangkalan, dan penindakan terhadap semua bentuk ancaman yang masuk ke Indonesia. Latihan bertajuk "Sikat Daya Tahun 2020" digelar pada malam hari. Latihan ini dimulai dengan pengintaian, hingga pertempuran udara.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Empat unit jet tempur andalan dikerahkan dalam latihan ini. Dua unit jet tempur F-16, dua unit jet tempur T-50i, serta pesawat intai (reconnaissance) Boeing 737, ikut ambil bagian dalam sesi kali ini. 

VIVA Militer: Jet tempur TNI Angkatan Udara dalam latihan Sikat Daya Tahun 2020

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Skenario latihan dimulai dari pengintaian malam hari, yang dilakukan oleh pesawat intai Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lapangan Udara (Lanud) Hassanudin, Makssar.

Setelah itu, giliran F-16 dari Skadron 3 dan T-50i dari Skadron 15 saling serang dan saling mengalahkan. Skenario ini dibuat untuk menguji kemampuan para penerbang tempur, dalam operasi yang dilakukan pada malam hari.

Selain aksi pertempuran pesawat tempur (dogfight) dalam Air Combat Manuver, dalam latihan ini dilaksanakan Operasi Udara Serangan Strategis di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur. 

Dalam aksi ini, tak hanya F-16 dan T-50i saja yang beraksi. Pesawat perang Sukhoi Su-30 dan Embarer EMB-314 Super Tuscano juga ikut serta, khususnya dalam pengisian bahan bakar (Air Refueling) malam hari dari pesawat Tanker KC-130 BT

VIVA Militer: Sasaran musuh berhasil dihancurkan jet tempur TNI Angkatan Udara

Aksi pesawat-pesawat TNI AU ini juga secara langsung disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Fadjar melihat sejumlah atraksi manuver, pengisian bahan bakar udara, pengintaian, dan pertempuran lewat telekonferensi video (vicon), di Ruang Vicon Pusat Komando dan Pengendalian TNI AU (Puskolau) Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya