Donald Trump Dilarikan ke RS Pakai Helikopter Anti-Rudal

VIVA Militer: Helikopter Marine One Pengangkut Presiden Amerika Serikat
Sumber :
  • Military

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump diangkut dengan menggunakan helikopter Marine One, setelah beberapa jam di diagnosis terpapar virus COVID-19. Pria nomor satu di Negeri Paman Sam itu dipindahkan rumah sakit militer terdekat.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Helikopter Marine One, lepas landas dari halaman Gsdung Putih untuk menerbangkan panglima tertinggi ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Maryland.

Dikutip VIVA Militer dari Military.com Sabtu 3 Oktober 2020, sebagai transportasi yang digunakan oleh kepala negara, tentu kendaraan itu harus dilengkapi dengan persenjataan yang memadai. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Ketika helikopter Marine One diterbangkan yang bertindak sebagai pengaman presiden, helikopter itu selalu terbang dalam kelompok. Dalam kelompok itu, terdapat lima helikopter yang sama.

VIVA Militer: Presiden AS Donald Trump Turun dari Helikopter Marine One

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Satu helikopter membawa presiden, sementara helikopter yang lainnya berfungsi sebagai umpan saja. Setelah lepas landas, kelima helikopter ini akan berganti formasi. Ini bertujuan untuk mengaburkan lokasi presiden yang sebenarnya. 

Karena membawa orang nomor satu di Amerika Serikat, Marine One juga tidak lupa untuk dilengkapi dengan persenjataan. Helikopter ini memiliki sistem persenjataan anti rudal, yang dapat menghancurkan rudal pencari panas.

Selain itu, sistem anti rudal ini juga mampu menghandurkan rudal yang dioeprasikan dengan radar. Lalu dapat menghancurkan rudal yang dilengkapi dengan inframerah AN atau ALQ-144A.

Untuk menambah keamanan Marine One, setiap anggota HMX-1 diwajibkan untuk melewati pemeriksaan latar belakang Yankee White sebelum menyentuh salah satu helikopter yang digunakan untuk perjalanan kepresidenan.

Baca juga: Kapal Perang TNI Hadang Aksi Songong Kapal Vietnam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya