Pasukan Elite Inggris Libas Perompak Nigeria dalam Waktu 7 Menit

VIVA Militer: Pasukan elite Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Special Boat Service
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Peristiwa pembajakan kapal tanker terjadi perairan Inggris. Tujuh orang pembajak menyandera 22 orang awak kapal tanker berbendera Libya, Nave Andromeda. Mengetahui hal ini Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengerahkan puluhan pasukan khusus Special Boat Services (SBS), Minggu 25 Oktober 2020 malam waktu setempat.

Innalillahi, Kapten Tofan Komandan Kompi Pasukan Elite 432 Kostrad TNI Gugur Kecelakaan di Bandung

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari Mirror, 16 personel pasukan elite Angkatan Laut Kerajaan Inggris berhasil menyusup ke dalam kapal yang dibajak. Hanya butuh waktu tujuh menit bagi pasukan elite Angkatan Laut Kerajaan Inggris untuk menghakiri drama pembajakan selama 10 jam.

Dalam operasi yang dinamakan "Flash to Bang", ada sekitar 36 orang personel Special Boat Service yang dikerahkan. 16 orang masuk ke dalam kapal, sementara 20 orang personel lainnya bersiaga di helikopter yang terbang di sekitar kapal. 

Ratusan Prajurit Kopasgat TNI AU Dipersiapkan Operasi ke Papua

Tak hanya itu, satu orang penembak jitu juga bersiaga di helikopter AgustaWestland W101 Merlin dan AgustaWestland AW159 Wildcat.

Photo :
  • Global News
Letkol Firasat Resmi Pegang Tongkat Komando Pasukan Elite Yonko 466 Kopasgat

Kapal tanker Nave Andromeda diketahui berangkat meninggalkan pelabuhan di Lagos, Nigeria, Selasa 6 Oktober 2020. Dalam perjalanannya, 22 awak kapal tanker ini tak mengetahui jika ada tujuh orang penumpang gelap yang ikut dalam pelayaran itu. 

Setelah ketjuh orang pembajak beraksi, kapten kapal Nave Andromeda sempat menghubungi otoritas keamanan Inggris dan minta pertolongan.

"Dilaporkan bahwa sejumlah penumpang gelap berada di kapal dan mereka mengancam para awak kapal," ucap Laksamana Antony David Radakin, Kepala Layanan Profesional Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

"Menyusul tanggapan multi-lembaga dan kepolisian, dengan dukungan dari militer dan mitra layanan darurat lainnya, tujuh orang (pembajak kapal) ditahan oleh polisi. 22 awak selamat dan semuanya dalam keadaan sehat. Polisi sedang menyelidiki insiden ini, dan kami sudah melakukan sejumlah penyelidikan yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi lengkapnya," katanya.

Photo :
  • Global News

Ini adalah aksi pasukan Layanan Khusus Kapal yang pertama di perairan Inggris, setelah terakhir kali pada 2018. Saat itu, pasukan SBS berhasil mengakhiri drama pembajakan kapal di muara Themes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya