Militer China Kian Bahaya Usai Luncurkan Kapal Serbu Amfibi Raksasa

VIVA Militer: Kapal serbu amfibi Type 075 Angkatan Laut China (PLAN)
Sumber :
  • US Naval Institute

VIVA – Ambisi China untuk menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di dunia semakin hari semakin nyata. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) akan segera mendapat kendaraan tempur baru berupa kapal serbu amfibi raksasa.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Navy Recognition, kapal serbu amfibi yang baru diluncurkan adalah Type 075. Kapal serbu amfibi 075 ini adalah yang ketiga dibangun perusahaan pembangun kapal, Hudong-Zhonghua Shipbuilding.

Laporan itu juga menyebut bahwa kapal serbu amfibi Type 075 ketiga ini akan segera menjalani uji coba laut dalam waktu dekat, mengikuti dua kapal yang sama sebelumnya.

Bangga! Film Badarawuhi di Desa Penari Umumkan Tanggal Tayang di Amerika Serikat

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari News Sina, kapal serbu amfibi Type 075 yang pertama sudah diluncurkan pada 25 September 2019. Sementara itu, kapal kedua diluncurkan pada 22 April 2020 lalu. 

Photo :
  • Sino Defense Forum
Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Saat ini, kapal pertama tengah berada di Laut China Selatan dalam masa percobaan. Pun dengan kapal serbu kedua, yang saat ini berada di Laut China Timur.

Kapal serbu amfibi Type 075 ini memiliki bobot seberat 40.000 ton. Oleh sebab itu, kapal ini lebih besar dari kapal perang kelas Canberra milik Angkatan Laut Australia, dan kelas Mistral milik Angkatan Laut Prancis.

Bahkan, kapal serbu amfibi Type 075 ini lebih besar dari dua kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), kelas Wasp dan kelas Amerika.

Selain dapat mengangkut banyak helikopter, kapal serbu amfibi Type 075 juga bisa mengangkut kapal bantalan udara (hovecraft) hingga kendaraan serbu lapis baja.

China tidak akan berhenti membangun kapal jenis ini. Sebab Kementerian Pertahanan China berencana akan membuat lima unit kapal lagi. Itu berarti, di masa depan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Chiana akan memiliki delapan unit kapal serbu amfibi Type 075.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya