Misteri Kematian Prajurit Transgender Militer Korsel Bikin Geger

VIVA Militer: Prajurit transgender Angkatan Darat Korsel, Sersan Byun Hee-soo
Sumber :
  • Voice of America

VIVA – Byun Hee-soo, seorang mantan anggota Angkatan Darat Republik Korea (ROKA) ditemukan tewas di apartemennya di pusat kota Cheongju, Korea Selatan, 3 Maret 2021. Penyebab kematian mantan prajurit dengan pangkat terakhir Sersan Staf, masih menjadi misteri.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari VICE World News, tidak ada indikasi Byun tewas karena bunuh diri. Tak hanya itu, pihak kepolisian Korea Selatan juga tidak menemukan catatan bunuh diri yang dilakukan oleh prajurit transgender pertama di Korea Selatan.

Byun sendiri diketahui telah menjalani operasi penggantian kelamin di Thailand pada 2019. Akibatnya, Byun yang bergabung dengan Angkatan Darat Republik Korea pada 2017 dipecat dari kesatuannya.

Kerusuhan Antara Transgender Thailand dan Filipina di Bangkok, Polisi Ambil Tindakan Tegas

Pihak Angkatan Darat Korea Selatan memecat Byun lantaran menganggap jika seorang prajurit pria kehilangan alat kelaminnya, dianggap memiliki cacat mental dan fisik.

Photo :
  • telegraph.co.uk
Kelompok LGBTQ Gugat Jaksa Agung Texas, Ada Apa?

Pada Januari 2020 lalu, Byun sempat memberikan pernyataan kepada publik dalam sebuah konferensi pers. Ia menegaskan, meskipun dirinya adalah seorang transgender dirinya yakin bisa menjadi seorang prajurit yang tangguh dan mampu melayani negara dengan baik.

"Terlepas dari identitas gender saya, saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa saya bisa menjadi salah satu tentara hebat yang membela negara ini," ucap Byun.

Byun juga menyebut bahwa sebenarnya ia sudah memiliki cita-cita menjadi seorang prajurit sejak masih kecil. Namun akibat keputusannya menjadi seorang transgender, Byun pun harus menanggung kesulitan yang disebabkan oleh disforia gender dan depresi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya