Militer Ukraina Kalah Ngeri dari TNI, Gimana Lawan Rusia?

VIVA Militer: Armada tank Angkatan Darat Ukraina
Sumber :
  • Wall Street Journal

VIVA – Banyak pihak yang menilai jika perseteruan Rusia-Ukraina bisa menjadi pemicu Perang Dunia III. Peningkatan aktivitas Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di perbatasan, mendapat respons yang sama dari militer Ukraina.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dalam laporan VIVA Militer Kamis 15 April 2021, disebutkan bahwa saat ini setidaknya sudah ada 110 ribu pasukan militer Rusia di perbatasan. Sementara itu, Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Letnan Jenderal Ruslan Khomchak, menyatakan bahwa pasukannya di wilayah timur perbatasan sudah mencapai 22 ribu personel.

Seandainya perang Rusia-Ukraina meletus, tentu bisa dipastikan pihak mana yang akan meraih kemenangan. Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, Rusia adalah negara dengan militer terkuat kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Sementara itu, Ukraina berada di peringkat 25 dunia dengan indeks kekuatan 0,4396. Tercatat dalam data, militer Ukraina saat ini memiliki 1,25 juta personel. Jumlah itu terdiri dari 255 ribu personel aktif dan 900 ribu pasukan cadangan.

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara S-300 militer Ukraina

Photo :
  • Defense World
Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Di sisi lain, Rusia memiliki jumlah pasukan jauh lebih besar. Saat ini, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia diperkuat oleh 3,57 juta personel. 1,014 juta adalah personel aktif sementara ada 2 juta personel cadangan.

Jika melihat fakta tersebut, militer Ukraina ternyata berada jauh di bawah Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tercatat dalam data, memang TNI memiliki jumlah pasukan yang lebih sedikit sebanyak 800 ribu personel. Ada 400 ribu personel aktif dan 400 ribu lainnya adalah pasukan cadangan.

Di sektor kekuatan militer udara, Ukraina tercatat hanya memiliki 285 unit pesawat. Sementara, TNI Angkatan Udara total memiliki 459 unit pesawat. Kemudian di sektor militer laut, Ukraina hanya memiliki 25 kapal. Khusus untuk kapal perang, Ukraina cuma punya satu unit frigate, satu unit kapal penyapu ranjau, dan 11 unit kapal patroli.

Kemudian untuk kekuatan militer darat, Ukraina bisa dikatakan lebih unggul dari TNI. Kekuatan militer Angkatan Darat Ukraina bisa dilihat dari jumlah kendaraan tempur yang terdiri dari 2.430 unit tank, 11.435 kendaraan lapis baja, 785 unit artileri otomatis, 2.040 artilery manual, dan 550 unit proyektor roket.

Di sektor kekuatan militer darat Ukraina baru bisa unggul dari TNI. Sebab dalam data disebut, TNI saat ini baru memiliki 332 unit tank, 1.430 kendaraan lapis baja, 153 artileri otomatis, 366 artileri, dan 63 proyektor roket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya