Pecundangi Amerika dalam Perang, Tentara Vietnam Tetap Kalah dari TNI

VIVA Militer: Pasukan Tentara Rakyat Vietnam (PAVN)
Sumber :
  • VnExpress International

VIVA – Republik Sosialis Vietnam adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang masih percaya dengan ideologi komunis. Negeri Paman Ho juga terkenal dengan kehebatan militernya, yang saat ini ada dalam tubuh Tentara Rakyat Vietnam (PAVN).

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari The Nixon Center, pasukan Tentara Rakyat Vietnam pernah mencatatkan tinta emas saat mengalahkan pasukan Angkatan Bersenjata Amerika (US Armed Forces). 

Meskipun kalah dalam hal teknologi persenjataan, pasukan militer Vietnam (Vietcong) atau yang lebih dikenal dengan Vietkong mampu memukul mundur militer Amerika Serikat (AS). Ya, selama 19 tahun pasukan militer Vietnam dan AS terlibat konfrontasi bersenjata di Perang Vietnam (Vietnam War).

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Taktik gerilya yang diterapkan oleh pasukan militer Vietnam, membuat pasukan militer Amerika kewalahan. Menurut catatan yang dikutip VIVA Militer dari Vietnam Veterans Memorial Fund, ada lebih dari 58 ribu tentara Amerika yang tewas dalam pertempuran dahsyat itu.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Darat Tentara Rakyat Vietnam (VPA)

Photo :
  • VnExpress International
Kawasan Ekonomi Khusus Jadi Pendorong Industri Manufaktur Indonesia

Dari sejumlah catatan tersebut, wajar jika militer Vietnam dianggap sebagai salah satu yang terkuat di Asia Tengara dalam hal kualitas personel.

Akan tetapi faktanya, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) punya kemampuan yang lebih tinggi dibanding pasukan militer Vietnam.

Kompetisi menembak antar militer Asia Tenggara jadi buktinya. Adalah ASEAN Armies Rifle Meet (AARM), kompetisi bergengsi bagi pasukan angkatan darat negara-negara ASEAN yang sudah berlangsung selama 29 tahun.

Sepanjang kompetisi ini digelar, Indonesia yang diwakili oleh prajurit TNI jadi negara terbanyak yang meraih gelar juara.

VIVA Militer: Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat

Photo :
  • Pinterest/Sue Harden

Tak ada satu pun negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu mendekati torehan 13 kali gelar juara AARM. Catatan tersebut membuktikan jika prajurit TNI jauh lebih digdaya dari negara Asia Tenggara mana pun, termasuk Vietnam.

Walaupun Vietnam pernah dua kali menjadi tuan rumah gelaran AARM, tapi gelar juara belum pernah sekali pun jatuh ke tangan pasukan Negeri Paman Ho. Sementara, Indonesia berhasil menjadi juara saat dua kali bertandang ke AARM Vietnam 2006 dan 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya