Gila, Bumi Gempa 3.9 SR Gara-gara Amerika Ujicoba Ledakan Kapal Induk

VIVA Militer: Ledakan pemicu gempa 3.9 SR ujicoba USS Gerald R. Ford (CVN 78)
Sumber :
  • US Navy

VIVA – United States Geological Survey (USGS) alias Badan Survei Geologi Amerika Serikat merekam kejadian gempa bumi dengan magnitude 3.9. Guncangan terdeteksi terpusat pada 100 mil lepas pantai Florida.

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Pada situs resminya dilansir VIVA Militer, Senin 21 Juni 2021, USGS menyatakan guncangan pada bumi terjadi pada 18 Juni 2021 dengan kode eksperimental explosion atau ledakan ujicoba berencana.

Lalu, ujicoba ledakan seperti apakah yang menyebabkan bumi bergoyang dan siapa pelaku?.

Tiongkok Ingin Menjadi Negara Adidaya Kapal Induk Seperti Angkatan Laut AS

Ternyata, gempa 3.9 SR yang dicatat USGS itu akibat aktivitas ujicoba ledakan yang dilancarkan militer Amerika Serikat atau US Army.

Dalam keterangan resminya, militer Amerika melalui Angkatan Laut mereka yaitu US Navy menyatakan telah melakukan ujicoba efek kejut dari ledakan besar pada Kapal Induk USS Gerald R. Ford (CVN 78).

Terpopuler: Mayor Teddy Dimutasi, Bukber Prabowo Subianto dengan Titiek Soeharto dan Didit

Jadi US Navy mau coba kekuatan dari USS Gerald R Ford menghadapi ledakan jika terjadi peperangan sesungguhnya.

Photo :
  • US Navy

"Warship 78 menyelesaikan event ledakan pertama dari Full Ship Shock Trials! Kepemimpinan dan kru menunjukkan Navy Readiness berjuang melalui keterkejutan, membuktikan kapal perang kami dapat "mengalahkan" dan melanjutkan misi kami di ujung tombak Naval Aviation' dalam siaran tertulisnya.

US Navy menjelaskan bahwa ledakan yang memicu terjadinya gempa 3.9 SR itu disebabkan oleh ledakan dari sebanyak 40.000 pon bahan peledak. Bahan peledak itu diledakan benar-benar tak jauh dari USS Gerald R Ford.

"Angkatan Laut AS telah melakukan FSST selama beberapa dekade, terakhir untuk Kapal Tempur Littoral USS Jackson (LCS-6) dan USS Milwaukee (LCS-5) pada tahun 2016; serta untuk dermaga transportasi amfibi kelas San Antonio USS Mesa Verde (LPD-19) pada tahun 2008, kapal serbu amfibi USS Wasp (LHD 1) pada tahun 1990, dan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Mobile Bay (CG-53) pada tahun 1987. Kapal induk terakhir yang melaksanakan FSST adalah USS Theodore Roosevelt (CVN-71) pada tahun 1987," kata Komandan USS Gerald R Ford Kapten Paul Lanzilotta.

Baca: Geger, Penampakan Kapal Selam Siluman China Muncul Ditutupi Ferry

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya