Kabar Buruk Israel Ciptakan Senjata Penghancur Teknologi Militer Dunia

VIVA Militer: IDF
Sumber :
  • IDF

VIVA – Ada kabar terbaru bagi militer dunia. Israel baru saja berhasil menciptakan sebuah senjata berteknologi canggih terbaru yang belum dimiliki negara manapun di bumi.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Senjata terbaru itu telah diciptakan dan berhasil diujicoba militer Israel baru-baru ini. Dilansir VIVA Militer, Selasa 22 Juni 2021 dari TJP, senjata yang baru diciptakan Israel itu berupa sistem persenjataan laser udara berkekuatan tinggi.

Senjata laser udara berkekuatan tinggi itu dikembangkan Kementerian Pertahanan Israel bersama Elbit Systems dan IAF.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

"Ini adalah pertama kalinya di Israel, mungkin di dunia, hal ini dilakukan. Ini adalah pencapaian teknologi yang inovatif dan merupakan langkah penting untuk pengembangan lebih lanjut," kata Brigadi Jenderal Yaniv Rotem, kepala penelitian dan pengembangan militer di Kementerian Pertahanan Israel.

Senjata baru itu telah diujicoba di udara di atas lautan di Israel belum lama ini. Dalam ujicobanya, senjata laser itu mampu menghancurkan pesawat tanpa awak alias UAV dalam sekejap.

Artis hingga Komedian Inggris Minta Pemerintahnya Setop Ekspor Senjata ke Israel

VIVA Militer: Ujicoba senjata baru Israel.

Photo :

Dan hebatnya lagi dalam ujicoba itu, senjata laser itu cukup dipasang di pesawat penerbangan sipil saja. Kementerian Pertahan Israel hanya menggunakan pesawat Cessna sipil dalam ujicoba.

Brigjen Yaniv Rotem mengatakan, senjata ini mampu menghancurkan UAV atau drone yang beroperasi di atas awan sekalipun dengan akurasi 100 persen. Dalam ujicoba UAV yang dihancurkan berjarak satu kilometer.

Menurut Brigjen Rotem, senjata ini mampu menghancurkan semua serangan dari udara dengan jangkauan efektif 20 kilometer. Tak cuma UAV dan drone saja yang bisa dilumpuhkan, tapi juga roket dengan balon pembakar.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Benny Gantz mengatakan, sistem senjata laser udara akan lebih meningkatkan efektivitas pertahanan udara Israel terhadap ancaman yang ada dan masa depan. Hal ini diharapkan untuk melengkapi susunan pertahanan udara multitier Israel, yang meliputi Iron Dome, pencegat rudal David's Sling dan Arrow.

VIVA Militer: Ujicoba senjata baru Israel.

Photo :

"Sistem laser akan menambah lapisan perlindungan baru pada jangkauan yang lebih besar dan dalam menghadapi berbagai ancaman: mengamankan Negara Israel sambil menghemat biaya intersepsi," kata Gantz.

Kabar ini tentu sangat baik bagi militer Israel, tapi tidak bagi militer dunia. Sebab, saat ini UAV alias Unmanned Aerial Vehicle merupakan teknologi persenjataan yang dinilai paling canggih di dunia.

Dan semua negara tengah berlomba-lomba meningkatkan sumber daya UAV sebagai senjata masa depan, termasuk militer tanah air, Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kalau sudah begini, dapat dipastikan UAV sebagai teknologi terkini akan segera menjadi teknologi usang oleh senjata baru Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya