76 Tahun Terkubur, Militer Rusia Temukan Harta Pasukan Hitler

VIVA Militer: Lokasi harta pasukan Hitler.
Sumber :
  • google maps

VIVA – Militer Rusia secara tak sengaja menemukan benda yang menjadi harta dari tentara Nazi era Adolf Hitler.

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

Harta itu ditemukan di pasir tepi pantai di Kota Kaliningrad. Kondisinya memang sudah tak baik, karena sudah berkarat. Walau begitu harta berupa torpedo milik tentara Nazi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Terbukti Kementerian Pertahanan Rusia dalam siaran resminya dilansir VIVA Militer, Kamis 29 Juli 2021, memastikan torpedo Nazi itu akan dibawa untuk disimpan di museum.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

"Dibawa oleh spesialis dari Armada Baltik. Temuan itu akan diperiksa, dibersihkan, dicat dan selanjutnya dipindahkan ke museum BF sebagai pameran," tulis Kemhan Rusia.

Diduga torpedo itu sempat terkubur selam berpuluh-puluh tahun dan baru sekarang muncul ke permukaan melalui proses alami.

Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

VIVA Militer: Harta pasukan Hitler.

Photo :
  • Kremlin

Torpedo itu merupakan bukti sejarah penting dalam Perang Dunia II. Sebab, wilayah Kiliningrad merupakan medan perang terakhir antara pasukan Nazi dan tentara merah, Uni Soviet.

Perang di kota yang berada antara Polandia dan Lithuania ini tercatat dengan nama sejarah Pertempuran Konigsberg. Perang pecah ketika tentara merah mengepung kota tu, pertempuran terjadi selama tiga hari dari 6 April sampai 9 April 1945. Tentara Nazi akhirnya dipaksa menyerah dan diusir dari pulau itu.

Kekuatan pasukan kedua kubu dalam Pertempuran Konigsberg tak sedikit lho. Dari catatan, Nazi mengerahkan 60 ribu sampai 120 ribu tentara. Sedangkan Soviet mengerahkan 137 ribu pasukan.

Soviet mengklaim sekitar 42 ribu tentara Nazi tewas dan 92 ribu ditangkap. Sedangkan dari pihak Soviet mengaku cuma ada 3.700 korban saja.

Baca: Helikopter Militer Jatuh dan Meledak, Kolonel Abed Tewas Terpanggang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya