Muncul Ditutupi Ferry, Sosok Kapal Selam Rahasia China Jadi Sorotan

VIVA Militer: Penampakan kapal selam siluman China.
Sumber :

VIVA – Belum lama ini VIVA Militer telah mengupas tentang kemunculan sebuah kapal selam militer China di sebuah perairan tak dikenal yang diduga masih berada di wilayah negeri tirai bambu itu.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Dan ternyata kemunculan sosok kapal selam misterius ini masih menjadi sorotan masyarakat dunia terutama oleh para pengamat militer.

Banyak yang berusaha mencari tahu identitas dari kapal selam siluman ini. Ada yang menduga kapal selam militer China itu adalah jenis terbaru yaitu kapal selam Air Independent Propulsion (AIP) tipe 039D. Ada juga yang menduga kapal selam itu merupakan tipe 039B.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Bahkan ada pula yang menganalisa bahwa kapal selam itu tipe 039S yang dilengkapi dengan pembangkit listrik independen udara (VNEU), kemudi ke dalaman berbentuk X dan persenjataan rudal baru berdasarkan rudal anti-kapal Rusia Club-S.

Janes misalnya, media ini mengungkapkan dari hasil analisa mereka, kapal selam itu memiliki bentuk sirip yang biasa dan malah mirip dengan Kapal Selam Saab Kockums A26.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Menurut Janes, kapal selam siluman China ini jelas lebih panjang dari tipe 039B. 'Panjang bagian datar dari selubung kapal selam, di atas lambung bertekanan, telah diperpanjang lebih jauh ke belakang dan bahwa segmen tetap di atas kemudi atas telah diperbesar. Perubahan ini akan memfasilitasi pemasangan drum winch di bawah casing, bersama dengan tabung pembayaran untuk menyalurkan susunan dan kabel derek melalui mulut lonceng di atas kemudi' tulis Janes.

Walau banyak yang berusaha mengungkap misteri kapal selam ini. Namun, belum ada satupun yang dapat memastikan identitas kapal selam ini.

Kapal selam ini membuat geger dunia setelah muncul di sebuah perairan. Dalam foto yang beredar, terlihat pihak militer China berusaha menutupi kemunculan kapal selam mereka dengan melayarkan kapal ferry di samping kapal selam itu.

Yang terbaru Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat atau People's Liberation Army (PLA) telah meluncurkan tiga kapal perang baru di pangkalan Angkatan laut di Sanya, Hainan, China Selatan. Tapi kapal selam misterius ini tak ikut diperkenalkan.

Memang sebelumnya sudah ada kabar tentang upaya militer China untuk mengembangkan kapal selam tipe 39 menjadi 039C dan 039D. Sesuai rencana, kapal selam baru itu akan aktif melayani militer China pada tahun 2030.

Baca: China Kuak Fakta COVID-19 dan Pusat Senjata Biologis Militer Amerika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya