Rudal Balistik Nuklir Antarbenua Terbang Belah Langit California

VIVA Militer: ICBM Minuteman III terbang di langit California.
Sumber :
  • AFGSC

VIVA –  Sebuah benda besar terlihat terbang cepat membelah langit California, Amerika Serikat pada 11 Agustus 2021.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Benda itu bukan sembarang barang, tapi menurut pihak militer Amerika Serikat, yakni Air Force Global Strike Command (AFGSC) adalah peluru kendali alias rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III.

Berdasarkan siaran resmi AFGSC dilansir VIVA Militer, Kamis 12 Agustus 2021, rudal balistik Minuteman III terbang ke langit setelah berhasil diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Rudal balistik andalan militer Amerika itu terbang tinggi dan dan jatuh menghantam permukaan laut sekitar 4.200 mil dekat Kepulauan Marshall. AFGSC memastikan dalam ujicoba peluncuran rudal balistik itu, Minuteman III tidak dilengkapi hulu ledak nuklir.

"Peluncuran uji coba bukanlah tanggapan atau reaksi terhadap peristiwa dunia atau ketegangan regional," kata Komandan Satuan Tugas ICBM AFGSC, Aaron Boudreau

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Menurut Boudreau, dalam ujicoba itu pihaknya diduetkan dengan Skuadron Uji Penerbangan ke-57. "Gugus tugas kami terdiri dari para ahli dari ketiga sayap rudal dan mereka telah menunjukkan inisiatif dan fleksibilitas luar biasa untuk mengatasi tantangan tak terduga selama pandemi di seluruh dunia ini," kata Boudreau.
 
Minuteman III mulai dioperasikan Angkatan Udara Amerika Serikat (United States Air Force/ USAF) sejak 1975 dan akan terus dioperasikan hingga tahun 2025.

Rudal balistik ini merupakan buatan Boeing. Rudal ini sangat berbahaya karena berhulu ledak nuklir dan dapat mengangkut sebanyak 1.2 megaton TNT. Rudal ini digadang-gadang mampu melesat sejauh 8.100 mil atau 13.000 kilometer dengan ketinggian 1.120 kilometer.

VIVA Militer: Juru Bicara Hamas Palestina, Abu Ubaida (Abu Obeida)

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Tentara Israel disebut Ubaida belum mencapai keberhasilan apapun.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024