14 Tahun Tanpa Wujud, Mesin Propaganda Taliban Muncul dari Alam Gelap

VIVA Militer: Mujahid.
Sumber :

VIVA – 17 Agustus 2021, mata dunia dibuat terbelalak dengan kemunculan sosok anggota pasukan Taliban.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Sosok ini bukan orang sembarangan, sudah 14 tahun lamanya namanya terkenal di dunia. Namun, tak pernah sekalipun menampakkan wujudnya.

Selama 14 tahun pria itu hanya bisa berkomunikasi dengan dunia luar dari alam yang tidak diketahui pasti keberadaannya.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Dia merupakan mesin propaganda Taliban. Belasan tahun dia hanya bertugas mengeluarkan pernyataan-pernyataan melalui sambungan telepon, sms, email, situs jihad dan jejaring media sosial.

Dia adalah Zabiullah Mujahid, dia dinobatkan menjadi juru bicara resmi Imarah Islam Afghanistan (Taliban) sejak 2007, menggantikan Muhammad Hanif yang ditangkap.

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

VIVA Militer: Mujahid.

Photo :

Informasi yang didapatkan VIVA Militer, Mujahid muncul untuk pertama kalinya ke hadapan publik hanya beberapa hari setelah Taliban merebut kekuasaan dengan menduduki Ibukota Kabul.

Tak banyak data pribadi dari Mujahid yang diketahui dunia, walaupun hampir setiap saat berkomunikasi dengan wartawan dari berbagai negara.

Selama ini Mujahid dikenal aktif menyiarkan pernyataan resmi dari Taliban, termasuk ketika Taliban mengklaim telah penyerangan pangkalan militer pada 2017 yang menewaskan 140 tentara.

Selama terjadi pertempuran perebutan kekuasaan antara pasukan Taliban dengan pihak militer Afghanistan, Mujahid menjadi mesin propaganda yang efektif untuk menangkal propaganda militer Afghanistan.

Dan kini, setelah Taliban berhasil mengguncang dunia dengan merebut kekuasaan di Republik Islam Afghanistan, Mujahid tak lagi sembunyi. Bahkan beberapa kali telah digelar konferensi pers dengan Mujahid sebagai juru bicara resmi Taliban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya