Nekat Culik Pejabat Militer, Mata-mata Iran Digulung Intelijen Turki

VIVA Militer: MIT saat meringkus mata-mata Iran.
Sumber :

VIVA – Badan Intelijen Nasional Turki alias Turkey's National Intelligence Organization (MIT) baru saja menggagalkan upaya penculikan terhadap mantan pejabat militer Iran.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Berdasarkan informasi yang dilansir VIVA Militer dari AA, Kamis 14 Oktober 2021, intelijen Turki menggagalkan penculikan dengan meringkus delapan orang, di mana dua di antaranya adalah mata-mata Iran.

Dalam laporannya, disebutkan para penculik dibekuk di tengah jalan di Kota Van, di wilayah provinsi timur Turki. Mereka diringkus dalam sebuah operasi khusus. Dan penangkapan berlangsung tanpa perlawanan.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Diduga kuat mata-mata Iran itu akan menculik mantan pejabat militer Iran yang kini berdiam di Turki, penculikan dilakukan untuk memulangkan mantan pejabat militer itu ke negerinya di Iran. Disebutkan mantan pejabat militer Iran itu berinisial ME.

Upaya penculikan ini terbongkar berawal dari ditangkapnya seorang warga Iran pada 24 September 2021, dari keterangan warga itulah MIT bergerak melakukan pengintaian hingga akhirnya operasi penangkapan dilaksanakan

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Tidak ada keterangan tentang penyebab kenapa mantan pejabat militer Iran itu akan diculik dan dikembalikan. Namun, diduga kuat terkait kerahasiaan militer Iran.

Momen Prabowo Subianto terima telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Calon presiden pemenang Pemilu 2024 Prabowo Subianto, berbicara mengenai potensi dan perluasan kerja sama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan Senin 8 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024