Kapal Perang Foto Sosok Pulau Janda di Penampakan Tangan Raksasa Dunia

VIVA Militer: Gugusan menyerupai tangan raksasa.
Sumber :

VIVA – Militer Jepang baru saja membuat sebuah kejutan yang tak terduga untuk rakyat negeri matahari terbit. Kejutannya memang bukan benda yang wah, tapi sangat berharga bagi pengetahuan.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Kejutan itu hanya berupa dua buah foto yang diabadikan dari Kapal Perang Uraga-463 milik angkatan laut militer Pasukan Beladiri Jepang (Japan Self-Defense Forces).

Kedua fotonya juga bukan sembarang foto, tapi foto super langka yang dibadikan di Samudera Pasifik. Yaitu foto penampakan Tebing Janda alias Lot's Wife atau Sofu Iwa atawa Sofu Gan.

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

VIVA Militer: Tebing Janda

Photo :
  • JMSDF

Berdasarkan keterangan resmi dari Pasukan Bela Diri Maritim Distrik Yokosuka (JMSDF) dilansir VIVA Militer, Kamis 28 Oktober 2021, pulau yang hanya berupa batu besar runcing berketinggian sekitar 99 meter diabadikan kamera kru Uraga-463 saat melintas di lokasi dalam melakukan patroli.

Menhan Prabowo Beli 2 Kapal Perang Fregat PPA Buatan Italia Untuk Perkuat Alutsista TNI AL

"Apakah Anda tahu batu yang disebut Sofugan?. Tidak Ada batu besar dengan ketinggian 99 meter di ujung paling selatan Kepulauan Izu di Zona Keamanan Yokosuka," tulis JMSDF.

Perlu diketahui, Tebing Janda sebenarnya pulau sangat terkenal di dunia, sebab hanya pulau ini satu-satunya bagian dari kaldera vulkanik bawah laut yang muncul ke atas permukaan laut.

VIVA Militer: Tebing Janda

Photo :
  • JMSDF

Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 0,01 kilometer saja. Letaknya sekitar 650 kilometer dari lepas pantai Tokyo. Dan nyaris tak ada manusia yang bisa menginjakkan kakinya di pulau ini. Tercatat hanya dua kali pulau ini berhasil dijamah manusia, yaitu pada 1972 dan 2002, itupun berhasil diduduki pemanjat tebing profesional.

Yang menarik lagi, jika dilihat dari peta dunianya Google Map, maka posisi dari Tebing Janda tepat berada di gugusan bawah laut yang menyerupai penampakan tangan raksasa.

Ketika pecah Perang Pasifik, pulau ini digunakan kapal selam militer Amerika Serikat sebagai penanda alias simbol bahwa telah memasuki wilayah Jepang.

Baca: Kabar Buruk, 550 Tentara Bayaran Kerajaan Arab Saudi Dibunuh di Yaman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya