Amerika Dalam Bahaya, Ada Rahasia Besar Militer China di Gurun Raksasa

VIVA Militer: Gurun Taklamakan.
Sumber :
  • Repro Google Map

VIVA – Ternyata tanpa disadari militer China sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi perang dengan Amerika Serikat.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Hal itu terbongkar setelah citra satelit secara tak sengaja menemukan rahasia besar militer China yang tersembunyi di tengah gurun pasir raksasa terbesar kedua di dunia.

Dilansir VIVA Militer, Senin 8 November 2021 dari The United States Naval Institute (USNI), rahasia besar militer negeri tirai bambu terkuak melalui serangkaian foto yang didapat dari citra satelit Maxar.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Dalam rekaman gambar citra satelit itu, terekam sebuah lokasi basis militer China di tengah Gurun Taklamakan. Tapi yang mengejutkan bukan tentang pusat militernya. Namun, penampakan struktur yang berbentuk kapal induk dan kapal perang militer Amerika Serikat.

Dilaporkan struktur itu menyerupai bentuk dari kapal induk dan kapal perusak Arleigh Burke. Struktur itu sangat lengkap dengan bentuk berbagai fasilitas yang ada di kapal sebenarnya.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Menurut USNI, lokasi rahasia militer China itu ditemukan tak jauh dari tempat ujicoba peluncuran rudal balistik anti-kapl DF-21D, yakni di sekitar China tengah.

VIVA Militer: Gurun Taklamakan.

Photo :

Memang struktur berbentuk kapal itu diduga tidak terbuat dari logam seperti mockup kapal induk militer Amerika Serikat yang pernah dibuat militer Iran di Teluk Persia. Hanya saja terlihat menonjol dari kondisi dataran gurun.

Sementara itu dari hasil penelitian perusahaan intelijen geospasial AllSource Analysis didapatkan informaasi bahwa struktur target kapal induk pertama kali dibangun antara Maret dan April 2019. Ini menjalani beberapa pembangunan kembali dan kemudian dibongkar secara substansial pada Desember 2019. Dan pada akhir September 2021 dibangun lagi.

China memiliki beberapa program rudal balistik anti-kapal yang diawasi oleh Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat. Rudal CSS-5 Mod 5 (DF-21D) berbasis darat memiliki jangkauan lebih dari 800 mil laut. Ia memiliki kendaraan masuk kembali bermanuver (MaRV) untuk menargetkan kapal. CSS-18 yang lebih besar (DF-26) memiliki jangkauan sekitar 2.000 mil laut.

berapa sensor di dan di sekitar target kapal, kemungkinan area ini dimaksudkan untuk beberapa kegunaan dari waktu ke waktu.”

Analisis citra satelit historis menunjukkan bahwa struktur target kapal induk pertama kali dibangun antara Maret dan April 2019. Ini menjalani beberapa pembangunan kembali dan kemudian dibongkar secara substansial pada Desember 2019. Situs ini hidup kembali pada akhir September tahun ini dan strukturnya secara substansial selesai pada awal Oktober.

VIVA Militer: Gurun Taklamakan.

Photo :

Analisis AllSource dalam keterangannya menyimpulkan, mockup dari beberapa kemungkinan kapal perang AS, bersama dengan kapal perang lainnya (dipasang di rel dan bergerak), dapat mensimulasikan target yang terkait dengan pencarian / pengujian akuisisi target. Tidak ada indikasi area dampak senjata di sekitar mockup.

China memang memiliki beberapa program rudal balistik anti-kapal yang kendalikan Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat. Rudal CSS-5 Mod 5 (DF-21D) berbasis darat memiliki jangkauan lebih dari 800 mil laut. Ia memiliki kendaraan masuk kembali bermanuver (MaRV) untuk menargetkan kapal. CSS-18 yang lebih besar (DF-26) memiliki jangkauan sekitar 2.000 mil laut.

Pada Juli 2019, PLARF melakukan peluncuran tembakan langsung pertama yang dikonfirmasi ke Laut China Selatan, menembakkan enam rudal balistik anti-kapal DF-21D ke perairan utara Kepulauan Spratly. China juga menerjunkan rudal balistik anti-kapal jarak jauh yang awalnya muncul pada 2016.

DF-26 multi-peran dirancang untuk secara cepat menukar hulu ledak konvensional dan nuklir dan mampu melakukan serangan darat dan serangan anti-kapal presisi di Pasifik Barat, Samudra Hindia, dan Laut China Selatan dari daratan China. Pada tahun 2020, RRT menembakkan rudal balistik anti-kapal terhadap target yang bergerak di Laut Cina Selatan, tetapi belum mengakui hal itu.

Selain rudal balistik anti-kapal berbasis darat, China memiliki program untuk melengkapi pembom H-6 Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dengan rudal balistik anti-kapal besar. Pertama kali terungkap pada tahun 2018 , CH-AS-X-13 kemungkinan akan menjadi rudal peluncuran udara terbesar yang pernah ada, dan akan cukup besar untuk menampung hulu ledak hipersonik .

Platform peluncuran lain yang mungkin untuk rudal balistik anti-kapal adalah perusak besar Kelas Renhai Type-055 yang baru. Digambarkan sebagai kapal penjelajah berpeluru kendali, ia akan mampu membawa rudal balistik anti-kapal.

Ini bukan pertama kalinya China membangun target kapal induk di padang pasir. Sejak tahun 2003, sebuah bantalan beton besar, kira-kira seukuran kapal induk, telah digunakan sebagai target. Lempengan, yang merupakan bagian dari jangkauan uji coba rudal Shuangchengzi, telah dibombardir berkali-kali dan sering diperbaiki.

Baca: Wajah Lelah dan Senyum Ramah Jenderal TNI Andika Keluar Gedung DPR

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya