Miris, Ukraina Hadapi Militer Rusia Pakai Helikopter Bekas

VIVA Militer: Helikopter Mil Mi-17 Angkatan Udara Afghanistan
Sumber :
  • Defence Blog

VIVA – Armada tempur militer Rusia jelas memiliki kekuatan yang jauh di atas Ukraina. Fakta tersebut membuat Ukraina ketar-ketir dan mengharapkan bantuan dari sekutu terbesarnya, Amerika Serikat (AS).

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) sangat membutuhkan tambahan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista), untuk menghadapi kemungkinan pecahnya Perang Rusia-Ukraina. Salah satunya alutsista yang dibutuhkan Ukraina adalah helikopter.

Dikutip VIVA Militer dari Defence Blog, Amerika dilaporkan akan segera menghibahkan enam unit helikopter. Ya, sejumlah unit yang akan diberikan Amerika ini merupakan helikopter bekas yang sebelumnya digunakan Angkatan Udara Afghanistan.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Diketahui ada sekitar 24 unit helikopter Mil Mi-8 dan Mil Mi-17 yang saat ini tak diketahui keberadaannya. Akan tetapi, dua lusin helikopter bekas itu diyakini berada dalam pantauan Amerika, setelah digunakan para pejabat Afghanistan yang melarikan diri dari kejaran Taliban.

Sejumlah unit helikopter bekas itu disebut berada di beberapa negara tetangga Ukraina seperti Tajikistan dan Uzbekistan.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

VIVA Militer: Helikopter Mil Mi-17 Angkatan Udara Afghanistan

Photo :
  • deftechinc.com

Di sisi lain, Amerika sudah mempertimbangkan pengiriman penasihat militer dan sejumlah alutsista baru ke Ukraina. Langkah ini dilakukan menyusul semakin masifnya pergerakan personel dan alutsista militer Rusia ke sepanjang perbatasan Ukraina.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) juga dilaporkan sudah mendesak agar sejumlah alutsista yang pernah dikirim ke Afghanistan seperti helikopter MI-17, agar segera dikerahkan ke Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya