Tak Cuma Roket, Inggris Juga Kirim Rudal Kendali Buat Ukraina

VIVA Militer: Rokket anti-tank AT4 84 mm militer Inggris
VIVA Militer: Rokket anti-tank AT4 84 mm militer Inggris
Sumber :
  • The Japan Times

VIVA – Sejumlah unit roket anti-tank AT4 84 mm yang dikirim militer Inggris sudah tiba di ibukota Ukraina, Kiev, sejak 18 Januari 2022 lalu. Tak cuma roket anti-tank, Inggris juga memberikan rudal kendali untuk membantu Ukraina dalam menghadapi agresi militer Rusia.

VIVA Militer melaporkan dalam berita Selasa 18 Januari 2022, Inggris yang merupakan salah satu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), secara terang-terangan memberikan dukunganya kepada Ukraina.

Dengan dua pesawat Boeing C-17 Globemaster III milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF), sejumlah prajurit dan senjata anti-tank diterbangkan ke Ukraina. 

Tak cuma Inggris, Kanada juga melakukan hal yang sama. Angkatan Bersenjata Kanada (CAF), mengirim sejumlah personel pasukan elitenya ke Ukraina.

Langkah yang diambil Inggris dan Kanada mengerahkan personel militer dan persenjataan, mendapat reaksi keras dari seorang diplomat Rusia, Alexander Lukashevich.

VIVA Militer: Inggris kirim senjata anti-tank AT4 84 mm ke Ukraina

VIVA Militer: Inggris kirim senjata anti-tank AT4 84 mm ke Ukraina

Photo :
  • newsnpr.org

Lukashevich menyebut bahwa Rusia cukup terkejut dengan apa yang dilakukan oleh Inggris dan Kanada. Anggota Tetap Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) itu melontarkan pernyataan tersebut di pertemuan Dewan Tetap OSCE, di Wina, Austria.