Batal Kirim Pasukan ke Ukraina, Amerika Tak Bernyali Hadapi Rusia?

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat
VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat
Sumber :
  • npr.org

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengonfirmasi bahwa pihaknya tak akan mengerahkan pasukan militer ke Ukraina. Padahal sebelumnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut akan mengerahkan 8.500 tentara ke Ukraina.

Dilansir VIVA Militer dari Sputnik, Presiden AS menyatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak memiliki rencana untuk mengirim pasukan ke Ukraina. 

Biden juga menyebut bahwa tidak akan ada tentara Amerika yang dikerahkan, sekalipun untuk bergabung dengan pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Kami tidak berniat menempatkan pasukan Amerika atau pasukan NATO di Ukraina. Tidak adakan ada pasukan Amerika yang bergerak ke Ukraina," ujar Biden.

Meski demikian Biden menegaskan, Rusia akan menerima konsekuensi jika terus meningkatkan aktivitas militernya di sepanjang perbatasan. Terlebih, jika sampai melakukan invasi ke Ukraina.

VIVA Militer: Personel Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di perbatasan Ukraina

VIVA Militer: Personel Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di perbatasan Ukraina

Photo :
  • Daily Military

"Akan ada konsekuensi besar jika dia (Vladimir Putin) masuk dan menyerang seluruh negara (Ukraina), atau lebih sedikut dari itu juga, untuk Rusia," kata orang nomor satu Amerika Serikat.