Rudal Termonuklir Rusia Siaga, Ukraina Bisa Hancur Hitungan Jam

VIVA Militer: Rudal balistik 9K720 Iskander militer Rusia
VIVA Militer: Rudal balistik 9K720 Iskander militer Rusia
Sumber :
  • www.insider.com

VIVA – Dari sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) militer Rusia yang dikerahkan ke perbatasan Ukraina, ada dua yang dianggap paling mematikan. Ya, keduanya adalah tank T-72B3 dan rudal balistik jarak pendek 9K720 Iskander.

Seperti yang diketahui, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) telah menempatkan lebih dari 120 ribu personel militer di sepanjang perbatasan Ukraina. Tak hanya itu, ratusan unit alutsista juga berada dalam status siaga di tempat yang sama.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah tank T-72B3M. Tank yang pertama kali dibuat pada masa jaya Uni Soviet ini masih diproduksi sejak 1968 hingga saat ini.

Khusus untuk tank T-72B3M adalah varian terbaru dari jenis tank T-72. Tank ini diluncurkan pada 2016 dengan peningkatan sistem (upgrade system) persenjataan mutakhir. 

Seorang pengamat militer Rusia yang juga mantan perwira Korps Marinir Amerika Serikat (US Marine Corps), Robert Lee, menjelaskan bagaimana kehebatan tank T-72B3 model 2016 atau T-72B3M. 

VIVA Militer: Tank T-72B3M militer Rusia

VIVA Militer: Tank T-72B3M militer Rusia

Photo :
  • The National Interest

Tank T-72B3M memiliki sistem optik termal yang membisa membaca suhu. Dengan teknologi tersebut, tank ini punya kemampuan hebat menghadapi pertempuran di malam hari. Tak cuma itu, Tank T-72B3M juga punya senjata mematikan dalam rudal kendali 9m119m.