Militer Rusia Kirim Terminator ke Perbatasan, Ukraina dalam Bahaya

VIVA Militer: Kendaraan tempur lapis baja BMPT-72 Terminator militer Rusia
Sumber :
  • thedefensepost.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) masih terus memobilisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) andalannya ke perbatasan Ukraina

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Yang terbaru, militer Rusia mengerahkan sejumlah unit Terminator yang tertangkap kamera tengah melintas di wilayah Yelets, Lipetsk, Rusia, Senin 21 Februari 2022.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Drive, sejumlah video diunggah di akun media sosial Twitter, yang menunjukkan pergerakkan kendaraan tempur lapis baja BMPT-72 Terminator.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Sejumlah unit BMPT-72 Terminator tampak diangkut dengan menggunakan kereta, dan bergerak ke wilayah barat Rusia. Kendaraan lapis baja varian baru ini baru saja diluncurkan militer Rusia pada Desember 2021, dan diyakini akan menjadi andalan di garis depan.

Dalam video tersebut juga terlihat, unit-unit BMPT-72 Terminator sudah dimodifikasi dengan kamuflase untuk menghadapi perang di musim dingin dengan visual untuk zona bersalju.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

VIVA Militer: Kendaraan tempur lapis baja BMPT-72 Terminator militer Rusia

Photo :
  • sputniknews.com

Dirancang oleh Biro Desain Tekik Transportasi Ural, BMPT-72 Terminator dibuat oleh perusahaan industri pertahanan, Uralvagonzavod sejak 2002 dan memasuki masa dinas pada 2011.

Kendaraan tempur lapis baja BMPT-72 memiliki rudal kendali anti-tank (ATGM) 9M120 Ataka-T sebagai senjata utama. Rudal anti-tank ini mampu menghancurkan target sejauh 6 kilometer, dengan kecepatan supersonik 550 meter/detik. 

Selain itu, BMPT-72 Terminator juga meriam otomatis (autocannons) 2A42 30 mm. BMPT-72 Terminator memiliki daya jelajah maksimal hingga mencapai 550 kilometer dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya