Gawat, Militer Ukraina Bombardir Pemukiman Rakyat Sendiri

VIVA Militer: Pemukiman warga sipil Donetsk jadi target serangan militer Ukraina
Sumber :
  • Russia Today

VIVA – Sebuah gedung pemukiman warga sipil di Distrik Kievsky, Donetsk, rusak berat akibat serangan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU), Minggu 28 Februari 2022.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, laporan tersebut datang dari seorang koresponden Kantor Berita Donetsk yang tak disebutkan namanya.

"Distrik Kievsky Donetsk telah diserang. Kebakaran terlihat di dekat stasiun transportasi umum Panfilov Avenue. Orang-orang bersembunyi di tempat perlindungan bom," ujarnya.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Sementara itu, lewat pantauan VIVA Militer dari unggahan akun Instagram resmi Russia Today, sebuah video berdurasi 46 detik memperlihatkan bagaimana bangunan pemukimanan warga sipil Donetsk rusak di sejumlah bagian.

"Sebuah bangunan tempat tinggal di Panfilov Avenue menjadi sasaran tembakan Ukraina, menurut pasukan pertahanan teritorial wilayah yang memsiahkan diri itu," bunyi laporan Russia Today.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

VIVA Militer: Pemukiman sipil Ukraina hancur

Photo :
  • Russia Today

Serangan yang dilancarkan militer Ukraina ke wilayah Kievsky diyakini sebagai upaya untuk memukul pasukan pemberontak pro-Rusia, Republik Rakyat Donetsk (DPR). 

Pasukan separatis dilaporkan juga telah berhasil menguasai kota Donetsk. Hal ini dinyatakan langsung oleh anggota Dewan Rakyat Republik Rakyat Donetsk, Valery Skorokhodov, Minggu 28 Februari 2022.

Meski telah mendapat pengakuan dari Rusia, kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang menduruki Donetsk dan Luhansk, masih secara sah bagian dari Ukraina.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan jumlah korban jiwa maupun luka-luka akibat serangan dahsyat militer Ukraina itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya