Militer Rusia Mendadak Gemparkan Asia, Jepang Panik

VIVA Militer: Jet Tempur Air Self-Defense Force
Sumber :

VIVA – Di tengah perang yang berkecamuk di Ukraina, Rabu siang 2 Maret 2022, militer Rusia baru saja bikin gempar Benua Asia.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Dilansir VIVA Militer dari kantor berita hokkaido, militer Rusia baru saja melanggar wilayah kedaulatan Jepang.

Berdasarkan keterangan Menteri Pertahanan Negeri Matahari Terbit, militer Jepang baru saja mendeteksi upaya penerobosan yang dilakukan militer Rusia.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Jadi dikabarkan bahwa sebuah helikopter milik militer Rusia menerobos masuk terbang di atas wilayah Jepang. Lokasinya di sekitar Semenanjung Nemuro di Hokkaido. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 10:23 waktu setempat.

Jepang sempat panik dengan kemunculan helikopter militer Rusia itu. Karena itulah, Jepang akhirnya menerbangkan pesawat tempur Air Self-Defense Force (ASDF) untuk merespons penerobosan wilayah itu.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Saya memperingatkan Anda untuk meninggalkan wilayah udara" tulis hokkaido.

Sementara itu, sampai saat ini Kemhan Jepang sedang menyelidiki peristiwa itu. "Sejak Februari, Rusia telah menunjukkan kemampuannya untuk beroperasi ke timur dan barat melalui latihan di Laut Okhotsk dan lain-lain. Sebagai tanggapan atas pergerakan militer di sekitar Ukraina. Dalam keadaan saat ini, termasuk pelanggaran wilayah udara baru-baru ini, intensifikasi kegiatan Rusia di laut dan wilayah udara di sekitar Jepang menjadi perhatian, dan kami akan mengambil semua kemungkinan tindakan pencegahan dan pengawasan," tulis Kemhan Jepang.

Jepang menyatakan bahwa penerobos wilayah kedaulatan udara bukan cuma kali ini dilakukan militer Rusia, sebelumnya pada September 2021 sebuah pesawat Rusia terbang di dekat Tanjung Shiretoko, Hokkaido.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya