Peristiwa Langka 77 Tahun Patung Yesus di Tengah Perang Rusia Ukraina

VIVA Militer: Evakuasi patung di Katedral Lviv.
Sumber :
  • Stratcom Centre UA

VIVA – Sudah lebih satu pekan tak ada tanda-tanda militer Rusia bakal menghentikan operasi khusus. Serangan dahsyat terjadi hampir di semua wilayah Ukraina.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Ratusan ribu penduduk mengungsi, banyak nyawa melayang. Entah itu prajurit militer Rusia, prajurit militer Ukraina, warga sipil atau juga tentara sekutu Rusia yang turut dalam pertempuran itu.

Namun, tak cuma manusia jadi korban pertempuran era modern itu, tapi juga berbagai infrastruktur penting. Bangunan pemerintah, bangunan tempat ibadah dan benda-benda bersejarah.

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Memang tak mudah untuk melindungi bangunan itu dari kemungkinan terkena ledakan senjata berat yang digunakan para pasukan militer dalam pertempuran.

Nah belum lama ini, ada sebuah peristiwa langka terjadi di Kota Lviv, Ukraina. Kejadiannya terekam terjadi di sebuah Katedral Armenia di tengah Kota Tua.

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

VIVA Militer: Evakuasi patung di Katedral Lviv.

Photo :
  • Stratcom Centre UA

Jadi, para pekerja budaya di bawah imbauan The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mencopot patung Yesus yang terpasang di Katedral itu. Kemudian patung dibungkus rapi pakai plastik dan dievakuasi ke sebuah ruang bawah tanah.

Berdasarkan siaran resmi yang dilansir VIVA Militer dari Pusat Komunikasi Strategis dan Keamanan Informasi di bawah Kementerian Kebudayaan dan Kebijakan Informasi Ukraina (Stratcom Centre UA), Senin 7 Maret 2022, peristiwa di Katedral ini adalah hal langka.

Sebab, selama ini patung Yesus itu tak pernah sama sekali dipindahkan dari tempatnya. Terakhir kali patung Yesus itu dikeluarkan untuk dievakuasi ke tempat aman saat terjadi Perang Dunia II atau sekitar 77 tahun lalu.

"Patung Yesus Kristus dibawa keluar dari Katedral Armenia Lviv, Ukraina, untuk disimpan di bunker untuk perlindungan.
 Terakhir kali dikeluarkan adalah selama Perang Dunia II," tulis Stratcom Centre UA.

Sebelum pekerja budaya bergerak menyelamatkan benda bersejarah di Ukraina, UNESCO memang sudah mengeluarkan imbauan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya