Geger, 282 Tentara Ditemukan Terkubur Selama 165 Tahun di Sumur Tua

VIVA Militer: Sumur tempat ditemukan 282 tentara.
Sumber :

VIVA – India baru saja digegerkan dengan penemuan ratusan kerangka manusia di sebuah sumur tua di salah satu bangunan keagamaan di wilayah Amritsar.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dilansir VIVA Militer dari ANI, Rabu 18 Mei 2022, terdapat sebanyak 282 kerangka dan yang mengerikannya mereka adalah tentara militer India yang hilang lebih dari satu setengah abad lalu.

Kerangka 282 tentara India itu ditemukan dalam penggalian yang dilakukan para peneliti dari Departemen Antropologi, Universitas Punjabi.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Menurut Asisten Profesor Departemen Antropologi, Dr JS Sehrawat, para tentara itu merupakan korban kekejaman militer Kerajaan Inggris dalam Perang Kemerdekaan India pada tahun 1857.

VIVA Militer: Sumur tempat ditemukan 282 tentara.

Photo :
  • ANI
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Kerangka ini milik 282 tentara India yang tewas selama perjuangan kemerdekaan pertama India melawan Inggris pada tahun 1857. Ini digali dari sebuah sumur yang ditemukan di bawah bangunan keagamaan di Ajnala dekat Amritsar di Punjab," kata Sehrawat.

Para tentara itu dibunuh karena melakukan perlawanan kepada militer Kerajaan Inggris. 282 tentara itu merupakan orang-orang yang anti beragama dan anti terhadap penggunaan minyak babi dan daging sapi.

"Para prajurit ini memberontak terhadap penggunaan minyak babi dan daging sapi, sebuah penelitian menunjukkan. Koin, medali, studi DNA, analisis unsur, antropologi, penanggalan radio-karbon, semuanya mengarah pada hal yang sama," kata Sehrawat.

Selama 165 tahun tak ada yang mengetahui bahwa di dalam sumur tua itu terdapat kerangka tentara India. Ketika ditemukan kondisi kerangka juga sudah mulai rusak.

Baca: Pasukan Petir TNI Pemukul Kodam Mulawarman Bergerak Masuk Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya