Teror Militer Belarus dari Utara, Fokus Pasukan Ukraina Pecah

VIVA Militer: Rudal S-300 Angkatan Bersenjata Belarus siaga di perbatasan
Sumber :
  • abcnews.go.com

VIVA – Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris merilis data yang menyebut bahwa Angkatan Bersenjata Belarus telah menyiagakan pasukan khusus, di sepanjang lebih dari 1.000 kilometer perbatasan Ukraina.

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Dalam pernyataan resmi yang dikutip VIVA Militer dari akun Twitter resmi Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris, militer Belarus tak hanya mengerahkan pasukannya. Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) mulai dari artileri hingga rudal juga ikut disiagakan.

"Belarus telah mengumumkan pengerahan pasukan operasi khusus di sepanjang perbatasan Ukraina, serta unit pertahanan udara, artileri dan rudal," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Walaupun tak terlibat langsung dalam perang, pasukan militer Belarus diyakini Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris mendapat peran untuk mengalihkan perhatian.

Penyiagaan pasukan Belarus di perbatasan akan membuat pandangan militer Ukraina terbagi. Bersiap menghadapi kemungkinan serangan dari Belarus di utara, tetapi juga harus menjalani pertempuran dengan militer Rusia di wilayah timur, khususnya Donbas.

Kisah Heroik Letjen TNI (Purn) Soegito, Rela Ditembak Demi Melucuti Senjata Musuh

VIVA Militer: Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Belarus

Photo :
  • aljazeera.com

"Kehadiran pasukan Belarus di dekat perbatasan kemungkinan akan memusatkan pasukan Ukraina. Sehingga, mereka tidak bisa dikerahkan untuk operasi Donbas," lanjut pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Sejak menggelar invasi dengan tajuk Operasi Militer Khusus pada 24 Februari 2022, Rusia menggunakan Belarus sebagai garis awal pergerakan pasukannya. Tak hanya itu, sejumlah serangan militer Rusia juga dilancarkan ke banyak titik Ukraina dari wilayah Belarus.

"Meskipun spekulasi masih awal, hingga saat ini pasukan Belarus belum terlibat langsung dalam konflik. Namun, wilayah Belarus digunakan sebagai pos pergerakan awal Rusia di Kiev dan Chernihiv," Kementerian Pertahanan Inggris melanjutkan.

"Rusia juga telah meluncurkan serangan udara dan serangan rudal dari Belarus," tutup Kementerian Pertahanan Inggris.

Kementerian Pertahanan Inggris juga percaya bahwa apa yang dilakukan Belarus adalah langkah aman dalam mendukung invasi Rusia. Tidak terlibat langsung dalam konfrontasi bersenjata di Ukraina, berarti terhindar dari risiko sanksi Barat. 

Akan tetapi di sisi lain, pengalihan perhatian militer Ukraina memiliki peran penting bagi gerak maju pasukan Rusia di wilayah Donbas dan wilayah timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya