Teror Militer Belarus dari Utara, Fokus Pasukan Ukraina Pecah

VIVA Militer: Rudal S-300 Angkatan Bersenjata Belarus siaga di perbatasan
VIVA Militer: Rudal S-300 Angkatan Bersenjata Belarus siaga di perbatasan
Sumber :
  • abcnews.go.com

VIVA – Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris merilis data yang menyebut bahwa Angkatan Bersenjata Belarus telah menyiagakan pasukan khusus, di sepanjang lebih dari 1.000 kilometer perbatasan Ukraina.

Dalam pernyataan resmi yang dikutip VIVA Militer dari akun Twitter resmi Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris, militer Belarus tak hanya mengerahkan pasukannya. Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) mulai dari artileri hingga rudal juga ikut disiagakan.

"Belarus telah mengumumkan pengerahan pasukan operasi khusus di sepanjang perbatasan Ukraina, serta unit pertahanan udara, artileri dan rudal," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Walaupun tak terlibat langsung dalam perang, pasukan militer Belarus diyakini Intelijen Kementerian Pertahanan Inggris mendapat peran untuk mengalihkan perhatian.

Penyiagaan pasukan Belarus di perbatasan akan membuat pandangan militer Ukraina terbagi. Bersiap menghadapi kemungkinan serangan dari Belarus di utara, tetapi juga harus menjalani pertempuran dengan militer Rusia di wilayah timur, khususnya Donbas.

VIVA Militer: Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Belarus

VIVA Militer: Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Belarus

Photo :
  • aljazeera.com

"Kehadiran pasukan Belarus di dekat perbatasan kemungkinan akan memusatkan pasukan Ukraina. Sehingga, mereka tidak bisa dikerahkan untuk operasi Donbas," lanjut pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.