Rudal Misterius Gentayangan di Langit Laut China Selatan, Milik Siapa?

VIVA Militer: Rudal misterius terbang di langit Laut China Selatan
Sumber :
  • thedrive.com

VIVA – Sebuah rudal misterius tertangkap kamera terbang di langit Laut China Selatan. Rudal tersebut diyakini diluncurkan dari kapal perang atau kapal selam di perairan internasional tersebut, 25 Mei 2022.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Sebuah video berdurasi 1 menit 12 detik diunggah oleh akun Twitter bernama @jchovernut. Video tersebut menunjukkan detik-detik rudal misterius itu terbang di wilayah udara Laut China Selatan

Rudal itu terlihat dari pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Hong Kong, Cathay Pacific, yang tengah melintas.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari The Drive, pengguna akun Twitter bernama @jchovernut diketahui adalah seorang pilot maskapai penerbangan Allegiant Air, yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Pria itu juga diketahui merupakan veteran Angkatan Laut AS (US Navy).

Pria ini mengaku mendapatkan video dari rekannya di Allegiant Air. Dalam pernyataannya ia menyebut bahwa Kendali Lalu Lintas Udara (ATC) melakukan kontak dengan pesawat Boeing 777 Cathay Pacific, dan memerintahkan untuk berbelok arah lantaran ada rudal yang meluncur.

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Akun itu menulis bahwa rudal itu diluncurkan dari kapal selam milik PLAN, atau Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

"Rekan sesama pilot maskapai baru saja mengirimi saya video ini dari salah satu rekannya di maskapai asing. Mereka berada di atas Laut China Selatan dan mendapat panggilan sibuk menit terakhir dari ATC: "belik kiri 90 derajat segera!!" Laut China meluncurkan rudal balistik dari Kapal Selam PLAN!" tulis akun itu.

Hingga berita ini diturunkan, Komando AS Indo-Pasific (INDOPACOM) belum memberikan pernyataan. Begitu juga pihak militer China dan militer Korea Utara (Korut).

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) sebelumnya memang telah mengumumkan akan melakukan latihan militer di antara tanggal 19-23 Mei 2022. Aksi militer China ini digelar bertepatan kunjungan Presiden AS, Joe Biden, ke Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Akan tetapi, militer China sama sekali tidak menjelaskan tentang rencana peluncuran rudal di wilayah Laut China Selatan. 

Pun dengan Tentara Rakyat Korea Utara (KPA), yang telah melakukan uji coba rudal balistik pada 7 Mei 2022 lalu. Militer Korut melakukan uji coba rudal di Laut China Timur, yang berjarak ratusan mil dari Laut China Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya