Gila, Puluhan Roket Militer Ukraina Teror Rakyatnya Sendiri

VIVA Militer: Sistem Peluncur Multi Roket (MLRS) BM-21 Grad militer Ukraina
Sumber :
  • 19fortyfive.com

VIVA – Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) kembali menyerang pemukiman warga sipilnya sendiri. Puluhan roket militer Ukraina ditembakkan ke pemukiman Mineralnoye, distrik Kirovsky, Donetsk, Ukraina, Senin 13 Juni 2022 dini hari waktu setempat.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Laporan serangan militer Ukraina dikonfirmasi oleh Pusat Gabungan Kendali dan Koordinasi Gencatan Senjata. Tercatat militer Ukraina menyerang Mineralnoye dari arah desa Vodyanoye sejak Minggu 12 Juni 2022.

Serangan tak berhenti hingga dini hari. Pusat Gabungan Kendali dan Koordinasi gencatan senjata menyebut ada 20 roket militer Ukraina yang menghantam pemukiman sipil Mineralnoye.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

"Pada 00.50, 20 roket ditembakkan dengan sistem BM-21 Grad dari sisi desa Vodyanoye di Donetsk (distrik Kirovsky)," bunyi pernyataan Pusat Gabungan Kendali dan Koordinasi Gencatan Senjata, dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS.

"Kami memperbaiki tembakan dari sisi Angkatan Bersenjata di pemukiman Mineralnoye. Enam roket ditembakkan dengan peluncur BM-21 Grad," lanjut pernyataan tersebut.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Tak hanya di Mineralnoye, militer Ukraina juga membombardir pemukiman sipil lainnya di distrik Kievsky. Militer Ukraina menembakkan artileri kaliber 152 mm, dari arah Avdiivka.

Mineralnoye dan Avdiivka menjadi sasaran tembak militer Ukraina, dikarenakan menjadi salah satu basis pemberontak pro-Rusia, Republik Rakyat Donetsk (DPR).

Hingga berita ini diturunkan, pihak baik militer Ukraina maupun Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) belum memberikan keterangan terkait jumlah korban dan kerugian dalam serangan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya