Jenderal Iran Cium Peran Pengkhianat di Balik Kematian Ahli Nuklir

VIVA Militer: Pemakaman ahli nuklir Iran, Ehsan Ghad Beigi
Sumber :
  • timesofisrael.com

VIVA – Seorang perwira tinggi unit pasukan elite Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Brigadir Jenderal Mohammad Reza Hassani Ahangar, mencium ada peran pengkhianat di balik pembunuhan sejumlah ahli nuklir Iran

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Ahangar juga meyakini ada sistematika sabotase industri di balik serangan drone bunuh diri quadcopter, ke fasilitas militer Parchin Military Complex, 30 kilometer sebelah tenggara Teheran, 26 Juni 2022.

Pada 6 Juni 2022 lalu, Ahangar memberikan pernyataan bahwa ada siasat jahat dari sejumlah pihak untuk menghancurkan laboratorium canggih militer Iran. Pegawai fasilitas militer Parchin, Ehsan Ghad Beigi, yang tewas dalam serangan itu, dinilai Ahangar salah sasaran.

Hamas soal Perdamaian: Bola Ada di Tangan Israel

"Kami telah menyaksikan sabotase industri di tingkat laboratorium militer dan upaya telah dilakukan untuk menghancurkan peralatan canggih kami," ucap Ahangar dikutip VIVA Militer dari Iran International.

VIVA Militer: Foto citra satelit fasilitas nuklir Parchin militer Iran

Photo :
  • aljazeera.com
Israel Hancurkan 603 Fasilitas Air di Gaza Selama Perang

Yang terbaru, Ahangar masih menyoroti kemungkinan aksi yang dinamakan "sabotase industri". Jenderal militer Iran yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Imam Hossein, meyakini ada sosok pengkhianat di balik serangkaian pembunuhan ilmuwan nuklir Iran.

Meskipun tidak menyebut sosok pengkhianat yang berlindung di Kementerian Pertahanan Iran, tetapi Ahangar tahu bahwa seseorang pejabat Kementerian Pertahanan Iran sengaja menjadikan Beigi di fasilitas militer Parchin sebagai martir.

"Jalur produksi kami menjadi sasaran sabotase industri. Martir Kementerian Pertahanan sendiri tidak ditargertkan, tetapi kematiannya dipengaruhi oleh sabotase industri," ucap Ahangar dilansir VIVA Militer dari American Military News.

Meski demikian, Kementerian Pertahanan Iran tidak memberikan rincian secara detail penyebab atau seseorang yang dicurigai menjadi dalang serangan itu. Institusi Iran itu hanya menjelaskan bahwa proses penyelidikan sedang berlangsung.

VIVA Militer: Lokasi pembunuhan ahli nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh

Photo :
  • news.sky.com

VIVA Militer melaporkan dalam berita Rabu 22 Juni 2022, dalam 10 tahun terakhir Iran sudah kehilangan lima orang ahli nuklir yang tewas dibunuh. Salah satu ahli nuklir yang tewas dibunuh adalah Mohsen Fakhrizadeh, pada 27 November 2020.

Fakhrizadeh meregang nyawa usai mobilnya diberondong senjata mesin yang dikendalikan dari satelit. Dinas intelijen rahasia Israel, Mossad, diyakini Iran sebagai dalang pembunuhan Fakhrizadeh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya