Libas Pasukan Ukraina, Militer Rusia Kuasai 5 Desa dalam 2 Hari

VIVA Militer: Pasukan militer Rusia memasuki wilayah Luhansk, Ukraina
Sumber :
  • business-standard.com

VIVA – Hanya dalam dua hari, pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VRSF) berhasil memukul unit militer Ukraina di Oblast Luhansk. Hasilnya, lima distrik di daerah ini berhasil direbut dan dikuasai oleh militer Rusia.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Pravda, kabar penaklukan lima desa di wilayah Luhansk disampaikan langsung oleh Gubenur Luhansk, Serhiy Haidai.

Pada Selasa 21 Juni 2022, pasukan militer Rusia berhasil melilbas tentara Ukraina di tiga wilayah, Toshkivka, Pidlisne dan Myrna Dolyna. Sehari kemudian, pergerakan masif pasukan Rusia berhasil mengusir unit militer Ukraina dari Loskutivka dan Rai-Oleksandrivka.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski demikian, Haidai mengklaim bahwa pasukan Ukraina masih mampu menahan serangan militer Rusia di dua wilayah lain, Severodontesk dan Syrotyne. Menurutnya juga, banyak pasukan Rusia yang terpukul mundur ke Zolote dan Vovchiarivka.

VIVA Militer: Kota Severodonetsk, Ukraina, mengalami rusak parah

Photo :
  • news18.com
Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

"Rusia telah merebut dua desa lagi. Mulai kemarin, Loskutivka dan Rai-Oleksandrivka diduduki oleh musuh. Namun, kami terus menahan Rusia di Severodonetsk dan Syrotyne, memukul mundur serangan mereka ke Zolote dan Vovchiarivka," ucap Haidai.

Laporan lain menyebutk, pasukan militer Rusia telah menghancurkan sejumlah infrastruktur publik di Severodonetsk. Sejumlah pabrik yang jadi tempat warga bekerja, rata dengan tanah dihantam roket dan artileri militer Rusia.

Beberapa diantaranya adalah pabrik batu bata, pabrik sklopastik (produsen kaca fiber dan plastik), hingga pabrik kimia. Pabrik baja Azot yang menjadi salah satu yang terbesar di Severodonetsk juga rusak parah digilas pasukan Rusia.

"Para penjajah menghancurkan infrastruktur industri di Severodonetsk. Kali ini mereka menghancurkan pabrik bata, pabrik sklopastik, dan pabrik pelatan kimia," ujar Haidai melanjutkan.

VIVA Militer: Tank militer Rusia di wilayah Severodonetsk, Ukraina

Photo :
  • aljazeera.com

"Bangunan pos pemeriksaan masuk kedua di pabrik Azot rusak. Tentara Rusia benar-benar melepaskan Severodotesk dari kehidupan dan kesempatan kerja," katanya.

Dalam serangan dahsyat militer Rusia dua hari terakhir, Haidai menyebut ada tiga warga sipil yang menderita luka parah. Seorang warga lainnya dilaporkan tewas akibat mengalami banyak luka tembak.

"Tiga warga sipil terluka pada 22 Juni dan dirawat di rumah sakit di Kramatorsk dan Pavlohrad. Sehari sebelum kemarin, tubuh seorang pria ditemukan tak bernyawa. Luka-lukanya disebabkan oleh peluru," ujar Haidai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya