Turki Cabut Veto Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Rusia Ngamuk

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • politico.eu

VIVA – Di luar dugaan, Turki akhirnya mencabut hak veto dan menerima bergabungnya Finlandia dan Swedia sebagai anggota baru Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Tindakan Turki ini mendapat kecaman keras dari Rusia.

Persetujuan Turki untuk mendukung bergabungnya Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO, disampaikan langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Madrid, Spanyol, Rabu 29 Juni 2022.

Sikap Turki ini memang tak secara spesifik menyita perhatian Presiden Rusia, Vladimir Putin. Orang nomor satu Negeri Beruang Merah justru menebar ancaman kepada Finlandia dan Swedia.

Putin memastikan, Rusia akan mengambil tindakan tegas jika sampai NATO membangun infrastruktur militer atau mengerahkan pasukan ke dua negara Nordik tersebut.

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

Photo :
  • bmvg.de

Di sisi lain, Kepala Negara Bagian Duma, Leonid Slutsky, juga memberikan pernyataan senada dengan Putin. Slutsky secara sinis mengatakan tindakan Turki sama sekali tidak membuatnya tersanjung.

"Saya tidak akan terlalu tersanjung soal jaminan yang saya terima sebagai imbalan untuk tidak memveto akses Finlandia dan Swedia ke NATO," ucap Slutsky dikutip VIVA Militer dari Newsweek.