Mossad Israel Sabotase Operasi Rahasia Militer Iran

VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett
VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett
Sumber :
  • independent.co.uk

VIVA – Angin kemenangan sepertinya tengah berhembus ke Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Badan Intelijen Israel (Mossad). Bagaimana tidak, kolaborasi militer dan intelijen Israel berhasil menggagalkan operasi rahasia intelijen Iran.

Mantan Wakil Presiden Iran, Mohammad Ali Abtahi, adalah tokoh penting yang mengakui keberhasilan operasi militer dan intelijen Israel. 

Abtahi meyakini betul tindakan kontra-intelijen Israel mampu bergerak senyap dan masuk ke lingkar terdalam keamanan Iran. Menurut Abtahi, banyaknya tindak pelanggaran yang dilakukan oleh pejabat militer dan pertahanan Iran jadi salah satu penyebabnya.

"Pelanggaran keamanan di dalam Iran dan cakupan operasi yang luas oleh Israel benar-benar telah merusak organisasi intelijen kami yang paling kuat," ujar Abtahi. 

VIVA Militer: Jenazah Kolonel Sayyad Hassan Khodaei

VIVA Militer: Jenazah Kolonel Sayyad Hassan Khodaei

Photo :
  • en.isna.ir

"Kekuatan keamanan kami selalu menjadi landasan Republik Islam, dan telah rusak pada tahun lalu," dikutip VIVA Militer dari The Times of Israel.

Sederet bukti kegagalan operasi intelijen Iran bisa dilihat dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Dimulai dari pembunuhan perwira satuan elite Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Kolonel Hassan Sayyad Khodaei, 22 Mei 2022.