Prajurit Pasukan Elite IRGC Iran Tewas Misterius di Suriah

VIVA Militer: Jenazah prajurit satuan elite Iran, Mostafa Mahdovinejad
Sumber :
  • longwarjournal.org

VIVA – Militer Iran kembali berduka, pasca kematian seorang prajurit satuan elite Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) meninggal dunia di Suriah. Prajurit itu diketahui adalah Mostafa Mahdovinejad, yang diberi julukan "Pejuang Tempat Suci".

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Iran, Tasnim News Agency, kabar kematian Mahdovinejad baru tersebar Senin 11 Juli 2022. Sementara, Mahdovinejad terbunuh sepekan sebelumnya, Selasa 5 Juli 2022.

Pihak IRGC belum memberikan keterangan rinci terkait kematian Mahdovinejad. IRGC bahkan tak menjelaskan dari satuan mana dan pangkat Mahdovinejad. Di sisi lain, Qalaat al-Mudiq, seorang analis militer asal Suriah memberikan penjelasan terkait kematian Mahdovinejad.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Al-Mudiq menyebut, Mahdovinejad tewas dalam serangan pemberontak Suriah ke sebuah kendaraan militer di Aleppo bagian barat.

VIVA Militer: Pemakaman prajurit satuan elite Iran, Mostafa Mahdovinejad

Photo :
  • southfront.org
Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Serangan pemberontak Suriah menyebabkan kendaraan militer tersebut meledak dan hancur. Al-Mudiq menyatakan ada kemungkinan Mahdovinejad meregang nyawa dalam insiden tersebut.

Al-Mudiq juga membeberkan kemungkinan penyebab kematian Mahdovinejad lainnya. Pada Rabu 6 Juli 2022, jet tempur Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melancarkan serangan udara di Quneitra, Suriah bagian selatan.

Seorang anggota pasukan tambahan Suriah dilaporkan tewas dalam serangan militer Israel itu. Akan tetapi, pihak IDF dan Angkatan Bersenjata Arab Suriah (SAAF) hingga berita ini diturunkan belum memberikan keterangan apapun.

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Syrian Observatory for Human Rights, Mahdovinejad tewas dalam serangan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Maheen, wilayah timur Homs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya