Inggris Tak Peduli, Tentara Bayarannya Dibiarkan Mati di Penjara Rusia

VIVA Militer: Tentara bayaran Ukraina asal Inggris, Paul Urey
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA – Seorang tentara bayaran Ukraina, meninggal dunia dalam tahanan pasukan pemberontak pro-Rusia, Republik Rakyat Donetsk (DPR). Sosok adalah Paul Urey, tentara bayaran yang berasal dari Inggris.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Kabar kematian Urey dipublikasikan oleh Anggota Ombudsman Republik Rakyat Donetsk, Darya Morozova. Menurut Morozova, Urey meninggal dunia akibat  komplikasi sejumlah penyakit kronis yang dideritanya.

Urey terserang diabetes, gangguan sistem pernapasan dan ginjal, serta penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke). Morozova juga memastikan jika penyakit yang mendera Urey diperparah oleh tingkat stres yang tinggi.

Menhan Prabowo Beli 2 Kapal Perang Fregat PPA Buatan Italia Untuk Perkuat Alutsista TNI AL

"Dia meninggal karena penyakit yang didiagnosis sebelumnya, dan akibat stress pada 10 Juli," ucap Morozova dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS.

VIVA Militer: Kartu identitas tentara bayaran Inggris, Paul Urey

Photo :
  • tass.com
Deretan Kisah Mistis yang Terjadi dalam Perang Dunia

Morozova menyatakan pihaknya sudah memberikan perawatan intensif yang maksimal. Akan tetapi, pemerintah Kerajaan Inggris sama sekali tak peduli dengan kondisi warga negaranya yang dikirim perang ke Ukraina.

"Untuk bagian kami, kami telah memberikan perawatan medis yang diperlukan untuk Paul Urey mesikupun bebannya sangat berat," kata Morozova melanjutkan.

"Para pejabat Inggris mengabaikan kesempatan pembicaraan tentang kepulangan (Urey) melalui pertukaran tawanan perang. Selain itu, mereka gagal mengirim obat-obatan yang diperlukan melalui ICRC," ujarnya.

Urey adalah tentara bayaran profesional yang terjun dalam pertempuran melawan pasukan militer Rusia. Perang di Ukraina bukan yang pertama bagi Urey. Urey juga pernah ikut serta dalam perang di Afghanistan, Irak dan Libya.

VIVA Militer: Tentara bayaran Ukraina

Photo :
  • republicworld.com

Tak cuma ikut serta dalam kontak tembak, Urey juga adalah pemimpin operasi tempur, hingga sosok yang merekrut dan melatih tentara bayaran untuk unit Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU).

Pada April 2022 lalu, Urey berhasil ditangkap pasukan pemberontak DPR di wilayah yang tak disebutkan. Urey bersama pasukan militer Ukraina dan tentara bayaran lainnya, mencoba menerobos pos pemeriksaan yang dikendalikan oleh pemberontak DPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya