Kapal Perang Amerika Hancur dan Tenggelam Dihantam 3 Rudal

VIVA Militer: Kapal perang USS Rodney M. Davis (FFG-60), hancur
VIVA Militer: Kapal perang USS Rodney M. Davis (FFG-60), hancur
Sumber :
  • Twitter/@USNavy

VIVA – Sebuah kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) hancur dan tenggelam di perairan Samudera Pasifik, sekitar 50 mil (80,5 kilometer) lepas pantai Hawaii, Amerika Serikat (AS), Sabtu 16 Juli 2022.

Angkatan Laut AS merilis sebuah video detik-detik hancurnya kapal perang jenis fregat, USS Rodney M. Davis (FFG-60). Lewat pantauan VIVA Militer, video berdurasi 46 detik itu diunggah militer Amerika Serikat di akun Twitter resminya.

Dalam video tersebut, kapal perang USS Rodney M. Davis (FFG-60) hancur dihantam oleh tiga rudal. Dua rudal penghancur diluncurkan dari kapal perang, sementara satu bom lainnya dijatuhkan oleh pesawat pembom.

Rentetan serangan rudal menghantam bagian belakang dan tengah, membuat kapal perang Angkatan Laut AS itu akhirnya tenggelam ke dalam perairan sedalam 15.000 kaki (4.572 meter).

Prosesi penghancuran kapal perang USS Rodney M. Davis (FFG-60) adalah bagian dari latihan bersama dengan sandi Sinking Exercise (SINKEX), yang diikuti oleh AS, Kanada, Australia dan Malaysia.

USS Rodney M. Davis (FFG-60) sendiri adalah kapal perang fregat militer Amerika, yang dibuat oleh Todd Pacific Shipyard dan diperkenalkan pertama kali pada 11 Januari 1986.

Kapal perang ini memasuki masa dinas pada 9 Mei 1987, dan akhirnya dipensiunkan pada 23 Januari 2015. Bermarkas di Pangkalan Angkatan Laut Everett, Washington, kapal perang USS Rodney M. Davis (FFG-60) memiliki dua senjata mematikan rudal anti-kapal Harpoon dan SM-1MR Standard.