19 Rudal Jelajah Militer Rusia Bombardir 2 Front Tempur Ukraina

VIVA Militer: Rudal permukaan-ke-udara S-300 militer Rusia
Sumber :
  • ukrinform.net

VIVA – Rentetan serangan rudal jelajah dilancarkan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) di dua wilayah Ukraina, Minggu 23 Juli 2022 pagi waktu setempat. Dua wilayah yang dijadikan sasaran tembak rudal-rudal Rusia adalah Oblat (Provinsi) Mykolaiv dan Oblast Kirovohrad.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Dilansir VIVA Militer dari media Ukraina, Pravda, sasaran pertama yang dihantam oleh rudal jelajah militer Rusia adalah basis pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) di pinggiran kota Mykolaiv.

Gubernur Mykolaiv, Vitalii Kim, mengonfirmasi bahwa serangan rudal Rusia terjadi sekitar pukul 04.20 waktu setempat, dan menghancurkan sebuah gudang penyimpanan dan membakar sejumlah area lahan rumput.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Kim juga berani memastikan, enam rudal yang menghantam Mykolaiv berasal dari Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara S-300 militer Rusia.

VIVA Militer Rudal permukaan-ke-udara S-300 militer Rusia

Photo :
  • sputniknews.com
Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

"Pada tanggal 23 Juli sekitar 04.20, musuh menyerang kota dengan enam rudal S-300. Kebakaran terjadi di fasilitas penyimpanan dan rumput kering terbakar di area terbuka, sebagai akibat dari serangan itu, ujar Kim.

Tak hanya di Mykolaiv, lebih dari selusin rudal jelajah militer Rusia juga menghujani Oblast Kirovohrad. Gubernur Kirovohrad, Andrii Raikovych, mengunkap waktu serangan militer Rusia terjadi pada pukul 09.30.

Raikovych menyebut ada 13 rudal jelajah Rusia yang menghantam dua fasilitas militer di Kirovohrad. Yang pertama adalah lapangan terbang militer Kanatove, dan fasilitas kereta api Ukrzaliznytsia.

Tercatat dua orang tentara Ukraina tewas dalam serangan tersebut. Sementara sembilan orang lainnya mengalami luka-luka.

VIVA Militer Kapal perang P-471 Vladimir Nosov militer Rusia meluncurkan rudal

Photo :
  • washingtonpost.com

Raikovych juga mengungkap, ada delapan rudal jelajah 3M-54 Kalibr dan lima rudal jelajah Raduga Kh-22 yang menghantam Kirovohrad.

"Ada serangan musuh pagi ini. 13 rudal, delapan di antaranya adalah rudal Kalibr Angkatan Laut (Rusia) dan lima rudal Kh-22 (Raduga) yang diluncurkan dari pesawat Tu-22M3," kata Raikovych. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya