Ratusan Ribu Tentara Korut Siap Dukung Militer Rusia Habisi Ukraina

VIVA Militer: Tentara Rakyat Korea Utara (KPA)
VIVA Militer: Tentara Rakyat Korea Utara (KPA)
Sumber :
  • newsweek.com

VIVA – Posisi Ukraina bisa dipastikan semakin tersudut, jika Tentara Rakyat Korea Utara (Korut) bakal masuk ke wilayahnya mendukung militer Rusia. Korut kemungkinan besar akan mengirim lebih dari 100.000 tentaranya ke Ukraina.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Mirror, Korut menjelaskan lewat saluran diplomatik untuk mengirim tenaga kerja dalam proses perbaikan infrastruktur pasca perang. 

Tak cuma itu, Korut di bawah komando Pemimpin Tertinggi, Kim Jong-un, juga bersedia memasok kekuatan tempur dalam jumlah besar buat mendukung militer Rusia dalam perang di Ukraina.

Lebih dari 100.000 tentara Korut akan dikerahkan ke garis depan bersama milisi pemberontak pro Rusia, Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR). Seperti yang diketahui, Korut jadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan dan kedaulatan kedua DPR dan LPR.

VIVA Militer: Kim Jong-un dan Vladimir Putin

VIVA Militer: Kim Jong-un dan Vladimir Putin

Photo :
  • washingtonpost.com

"Negara ini siap untuk mengirim hingga 100.000 tentaranya ke Donbas. Pyongyang (ibukota Korut) akan bisa mentransfer unit taktisnya ke Donbas," bunyi laporan Kantor Berita Rusia, Regnum.

Seorang mantan perwira Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), Kolonel Igor Korotchenko, menyatakan jika Kremlin sudah seharusnya menerima bantuan dari Korut.