Amerika Jiper, Ribuan Pasukan Elite Afghanistan Masuki Iran

VIVA Militer: Pasukan Korps Komando Angkatan Bersenjata Afghanistan
Sumber :
  • sky.com

VIVA – Lebih dari 3.000 prajurit pasukan elite Korps Komando Angkatan Bersenjata Afghanistan (ANA), dikabarkan telah memasuki wilayah Republik Islam Iran. Ribuan tentara khusus bentukan Amerika Serikat (AS), usai setahun Taliban menguasai pemerintahan.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Laporan ini diungkap oleh Komite Urusan Luar Negeri Kongres Amerika dari Partai Republik, dilansir VIVA Militer dari Foreign Policy.

Kekhawatiran pun muncul, mengingat Iran yang merupakan musuh Amerika akan bisa mendapat informasi intelijen dari para prajurit satuan elite Afghanistan itu.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Mantan perwira Paramiliter Badan Intelijen Pusat (CIA), Michael Patrick Mulroy, menyebut jika pasukan Korps Komando Angkatan Bersenjata Afghanistan memiliki hubungan yang sangat khusus dengan Amerika.

VIVA Militer: Pasukan Korps Komando Angkatan Bersenjata Afghanistan

Photo :
  • ndtv.com
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Akan tetapi, para anggota satuan elite ini justru diburu oleh pasukan pemerintah Afghanistan yang diduduki oleh Talilban. Sehingga, Mulroy meyakini jika Iran adalah satu-satunya tempat yang aman bagi para prajurit Afghanistan untuk melarikan diri.

"Saya pikir sebagian besar orang Afghanistan yang berada di komando dan unit khusus lainnya, sangat dekat dengan Amerika," ucap Mulroy.

"Tetapi, jika Anda tidak punya pilihan dan satu-satunya tempat ke mana Anda bisa pergi untuk melarikan diri dari Taliban adalah Iran," katanya dikutip VIVA Militer dari American Military News.

Unit satuan elite Korps Komandoa Angkatan Bersenjata Afghanistan adalah pasukan yang dibentuk oleh pasukan elite Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat (SF), sejak 2010.

VIVA Militer: Pasukan Korps Komando Angkatan Bersenjata Afghanistan

Photo :
  • pakistantoday.com.pk

Pasukan Baret Hijau Amerika menggembleng para prajurit militer Afghanistan, dan menelurkan kelompok lulusan pertama di tahun tersebut.

Seperti halnya pendidikan pasukan khusus Amerika, para prajurit Afghanistan juga harus melewati masa pendidikan selama kurang lebih enam bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya