Markas Terbesar Pasukan Amerika di Suriah Meledak

VIVA Militer: Ledakan di Pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Suriah
VIVA Militer: Ledakan di Pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Suriah
Sumber :
  • republicworld.com

VIVA – Salah satu pangkalan terbesar militer Amerika Serikat (AS) di Suriah, meledak. Insiden ini terjadi di dekat ladang minyak Al Jabseh, bagian selatan kota al-Shaddadi, provinsi al-Hasakah, timur laut Suriah, Rabu 17 Agustus 2022.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Mehr News Agency, ledakan terjadi saat sejumlah prajurit Angkatan Bersenjata AS (US Armed Forces) tengah menjalani latihan.

Informasi ini diungkap oleh seorang saksi mata yang identitasnya dirahasiakan. Pasca ledakan, suara sirene mobil pemadam kebakaran dan ambulans berdering keras. Sementara, kepulan asap terlihat membumbung tinggi seiring sejumlah drone yang beterbangan.

"Ledakan ini terjadi bersamaan dengan latihan militer yang diadakan di dalam pangkalan, yang merupakan salah satu pangkalan Amerika terbesar di Suriah," ucap seorang saksi mata yang identitasnya dirahasiakan.

VIVA Militer: Ledakan di pangkalan militer Amerika Serikat di al-Hasakah, Suriah

VIVA Militer: Ledakan di pangkalan militer Amerika Serikat di al-Hasakah, Suriah

Photo :
  • mehrnews.com

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab ledakan itu apakah dikarenakan serangan bersenjata atau karena kesalahan dalam latihan militer.

Ledakan ini adalah yang kedua terjadi di pangkalan militer Amerika Serikat dalam sepekan terakhir. Pada Minggu 15 Agustus 2022 lalu, dua roket menghantam pangkalan militer AS, juga di bagian timur laut Suriah.

Adalah pangkalan militer AS al-Tanf yang menjadi sasaran tembakan sepasang roket, sementara tak ada satu pun pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pangkalan al-Tanf adalah pangkalan militer Amerika Serikat yang kerap jadi sasaran serangan roket. Sebelum serangan akhir pekan lalu, al-Tanf juga pernah dibombardir drone pada Oktober 2021.