Pangkalan Krimea Meledak, Komandan Armada Laut Hitam Rusia Dipecat

VIVA Militer: Laksamana Igor Osipov
VIVA Militer: Laksamana Igor Osipov
Sumber :
  • azlyrics.com.az

VIVA – Komandan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF), Laksamana Igor Osipov, dipecat pasca ledakan yang menghantam pangkalan militer di Krimea, Selasa 16 Agustus 2022 lalu. 

Dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, sejumlah sumber dari Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), mengonfirmasi pencopotan Laksamana Igor Osipov dari jabatannya sebagai Komandan Armada Laut Hitam.

Akan tetapi, seorang perwira tinggi militer Rusia yang identitasnya dirahasiakan menyebut pihaknya sengaja tak mempublikasikan pergantian tampuk kepemimpinan kepada publik. 

Selanjutnya, posisi Osipov akan digantukan oleh Laksamana Madya Viktor Sokolov, yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Wakil Komandan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia.

VIVA Militer: Laksamana Igor Osipov

VIVA Militer: Laksamana Igor Osipov

Photo :
  • newsfounded.com

Tak hanya akibat serangan sabotase di Pangkalan Armada Laut Hitam, Osipov juga disalahkan atas tenggelamnya kapal berpeluru kendali Moskva pada 14 April 2022. 

Kapal perang yang berada di bawah komando Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia hancur dan tenggelam, usai dihantam dua rudal anti-kapal R-360 Neptune yang ditembakkan oleh militer Ukraina.

Kemudian pada pekan lalu tepatnta Jumat 12 Agustus 2022, Pangkalan Udara Militer Saki di bagian barat daya Krimea, juga menjadi sasaran serangan. Posisi pangkalan yang berada di dekat dengan Pangkalan Armada Sevastopol, menghancurkan delapan unit pesawat tempur Rusia.