Erdogan Minta Ukraina Kembalikan 2 Unit Pesawat Militer Turki

VIVA Militer: Dua pesawat Airbus A400M Atlas militer Turki di Kiev, Ukraina
VIVA Militer: Dua pesawat Airbus A400M Atlas militer Turki di Kiev, Ukraina
Sumber :
  • msb.gov.tr

VIVA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, sudah tiba di Kiev, Ukraina, dalam rangka pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres, Kamis 18 Agustus 2022.

Dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Ukraina, Interfax-Ukraine, Erdogan, Guterres dan Zelensky membahas sejumlah masalah pada pertemuan tersebut. 

Salah satunya adalah situasi keamanan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia, dan proses perdamaian dengan Rusia.

Akan tetapi khusus untuk Erdogan, orang nomor satu Turki itu memiliki agenda khusus saat bertemu dengan Zelensky. Erdogan meminta pengembalian pesawat angkut Airbus A400M Atlas milik Angkatan Bersenjata Turki (TSK), yang terjebak di Ukraina.

VIVA Militer: Reccep Tayyip Erdogan dan Volodymyr Zelensky

VIVA Militer: Reccep Tayyip Erdogan dan Volodymyr Zelensky

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Defence Blog, ada dua unit pesawat angkut Angkatan Udara Turki (THK) yang masih terparkir di Bandara Internasional Boryspil, Kiev.

Tak ada penjelasan resmi terkait maksud kedatangan dua pesawat militer Turki itu ke Ukraina. Hanya saja, kedua pesawat itu datang ke Ukraina pada pertengahan Februari 2022, beberapa saat sebelum invasi Rusia dilancarkan.

Saat ini, dua unit pesawat angkut A400M militer Turki diketahui dari foto citra satelit berada di seberang terminal Bandara Boryspil. 

Sejak militer Rusia menyerang, kedua pesawat tidak bisa meninggalkan Kiev dikarenakan risiko tinggi terhadap keselamatan penerbangan.