Alarm Bahaya Rusia, Pesawat Militer Amerika Jatuhkan 4 Bom di Swedia

VIVA Militer: Pesawat pembom B-52 Stratofortress militer Amerika Serikat
Sumber :
  • worldwarwings.com

VIVA – Dua unit pesawat pembom strategis Boeing B-52 Stratofortress milik Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force),  menjatuhkan tiga buah bom di wiayah Vidsel, Norrbotten County, Swedia, Jumat 19 Agustus 2022.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Sputnik News, dua unit pesawat pembom strategis B-52 dikawal oleh jet tempur Saab JAS 39 Grippen, milik Angkatan Udara Swedia (Flygvapnet), yang terlibat dalam latihan gabungan militer udara.

Latihan pemboman ini adalah yang pertama kali dilakukan di tanah Swedia, usai negara Nordik di kawasan Skandinavia ini mengajukan diri dalam keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Juli 2022 lalu.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Kepala Staf Angkatan Udara Swedia, Mayor Jenderal Carl-Johan Edstrom, memastikan jika latihan gabungan ini adalah bertujuan untuk mengasah konektivitas dalam serangan jarak jauh.

Jet tempur Swedia, JAS 39 Gripen, kawal pesawat pembom B-52 Amerika Serikat

Photo :
  • airforce-technology.com
Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Edstrom juga menyebut, aksi bersama militer Amerika Serikat ini adalah bukti kemampuan Angkatan Bersenjata Swedia dalam mempertahankan kedaulatannya. 

Edstrom tak menampik ancaman yang datang dari Rusia, yang menentang keras Swedia bergabung dengan NATO.

"Latihan seperti ini mengandung beberapa elemen dari koordinasi, koneksi dan pengawalan di wilayah udara Swedia, hingga tembakan efektif terhadap target musuh. Latihan ini membuktikan bahwa seluruh rantai bekerja," ucap Edstrom.

"Pentingnya memiliki kemampuan pertempuran jarak jauh. Kemampuan yang saat ini kami praktikkan, meningkatkan kemampuan pertahanan kami secara signifikan dan penting. Paling tidak, mengingat aplikasi Swedia untuk keanggotaan NATO," kata Edstrom

Selain Angkatan Udara Swedia dan Amerika, dalam latihan gabungan militer ini juga ikut ambil bagian Angkatan Udara Norwegia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya