Rusia Geser Jet Tempur Pembawa Bom Nuklir, 3 Negara NATO Panik

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31M, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal
Sumber :
  • oafnation.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) mengerahkan tiga unit jet tempur Mikoyan MiG-31E ke Kaliningrad, Oblast Kaliningradskaya, yang berada dekat perbatasan Polandia dan Lithuania, Kamis 18 Agustus 2022.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, ketiga jet tempur militer Rusia membawa rudal hipersonik berkemampuan nuklir Kh-47M2 Kinzhal (X-47M2 Killjoy).

Pergerakan tiga pesawat tempur militer Rusia jelas mengundang respons keras dari Polandia dan Lithuania. Kedua anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu. Tak cuma Polandia dan Lithuania, Finlandia juga ikut mengecam tindakan militer Rusia.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Saat bergerak menuju Kaliningrad, pesawat-pesawat militer Rusia dilaporkan Kementerian Pertahanan Finlandia telah melanggar kedaulatannya. 

VIVA Militer: Jet tempur Rusia, MiG-31E, membawa rudal nuklir Kh-47M2 Kinzhal

Photo :
  • arctictoday.com
Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Dua dari tiga jet tempur MiG-31E militer Rusia dilaporkan terbang di wilayah udara Finlandia, dekat kota Porvoo, Teluk Finlandia, 150 kilometer dari Rusia.

Sementara itu, Lithuania meyakini jika aksi militer Rusia ini adalah respons dari tindakan negara itu yang telah memberlakukan larangan masuk kepada barang-barang Rusia. 

Hal ini dilakukan Lithuania untuk mendukung sanksi Uni Eropa terhadap Rusia, akibat invasi yang dilancarkan ke Ukraina sejak 24 Februari 2022.

Jet tempur Mikoyan MiG-31E adalah salah satu platform luncur rudal hipersonik berkemampuan nuklir Kh-47M2 Kinzhal. Rudal yang dirancang oleh Kementerian Pertahanan Rusia dan diproduksi sejak 2017, adalah salah satu senjata paling mematikan milik armada Beruang Merah.

Dengan kecepatan maksimal 14.700 kilometer per jam dan bisa dikendalikan dengan alat kendali GLONASS, rudal ini mampu menghancurkan sasaran sejauh 2.000 kilometer. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya