Terobos Basis Militer Rusia, 50 Tentara Ukraina Tewas Mengerikan

VIVA Militer: Mayat tentara Ukraina di Zaporizhzhia
Sumber :
  • rferl.org

VIVA – Lebih dari 50 tentara Ukraina tewas dalam kontak tembak dengan pasukan militer Rusia yang terjadi di desa Nesteryanka, Oblast (Provinsi) Zaporizhzhia, Rabu 14 September 2022. Seluruh prajurit yang tewas berasal dari Brigade Senapan Motor ke-65 Angkatan Bersenjata Ukraina.

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, sejumlah pasukan militer Ukraina berniat menerobos basis pasukan Angkatan Darat Rusia (SV) dari Brigade Senapan Motor ke-503, Divisi Senapan Motor ke-19.

Informasi ini dipublikasikan oleh Kepala Administrasi Sipil-Militer Oblast Zaporizhzhia, Vladimir Rogov. Diungkap Rogov, aksi militer Ukraina berakhir dengan kegagalan. Akibatnya, lebih dari 50 tentara Ukraina tewas dalam insiden itu.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

"Pada pagi hari tanggal 14 September, unit Brigade Senapan Motor ke-65 Angkatan Bersenjata Ukraina berusaha untuk menerobos pertahanan Resimen Senapan Motor ke-503 dari divisi ke-19, dekat pemukiman Nesteryanka di wilayah Zaporizhzhia," ujar Rogov.

VIVA Militer: Tentara Ukraina jadi tahanan militer Rusia

Photo :
  • inf.news
TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

"Upaya menembus pertahanan kami, berkat tindakan terampil dari unit artileri dan senapan bermotor kami, musuh dihentikan dan mundur ke posisinya dengan kerugian serius. Sebagai akibat dari pertempuran, milisi Zelensky kehilangan lebih dari 50 tentara," katanya.

Lebih lanjut Rogov juga mengungkap ada tiga unit kendaraan infanteri lapis baja M113 buatan Amerika Serikat, juga ikut dihancurkan dalam insiden tersebut. Selain itu, ada tujuh orang tentara Ukraina yang ditangkap oleh pasukan Rusia. 

Salah satu tentara Ukraina yang ditangkap adalah seorang perwira, yang mengungkap jika pasukan yang dipimpinnya tidak memiliki pengalaman tempur. Menurutnya, mereka sengaja dikerahkan ke basis militer Rusia dengan peran sebagai umpan.

"Selama interogasi para tahanan, ditetapkan bahwa unit-unit tersebut tidak dijaga dengan baik. Dengan sebagian besar pasukan cadangan yang tidak terlatih, yang sengaja dilemparkan ke dalam pertempuran sebagai umpan meriam," ucap Rogov.

VIVA Militer: Bangkai kendaraan infanteri lapis baja militer Ukraina

Photo :
  • npr.org

Oblast Zaporizhzhia sudah hampir dikuasai secara keseluruhan oleh pasukan militer Rusia. Saat ini, armada militer Beruang Merah sudah menguasai sekitar 73 persen provinsi dengan luas 27.183 kilometer persegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya