Laknat, Pasukan Elite Iran Bunuh 13 Orang Tak Berdosa

VIVA Militer: Serangan drone militer Iran ke basis milisi Kurdi
Sumber :
  • kurdistan24.net

VIVA – Saat demonstrasi besar-besaran pecah di ibukota Teheran, Korps Garda Republik Islam Iran (IRGC) melancarkan serangan di Irak utara, Rabu 28 Agustus 2022. Pasukan elite militer Iran menggunakan pesawat tanpa awal (drone) untuk menyerang titik yang diyakini sebagai basis milisi Kurdi.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Iran International, 13 warga sipil dipastikan tewas dalam serangan itu. Sementara itu, 58 orang lainnya mengalami luka-luka termasuk di dalamnya sejumlah anak-anak.

Menteri Kesehatan Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) Saman Barzanji, mengonfirmasi jumlah korban yang timbul akibat serangan drone militer Iran

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Barzanji juga menjelaskan jika proses evakuasi korban sangat sulit, lantaran terletak di daerah pegunungan terpencil. Selain itu, Barzanji juga meyakini jika jumlah korban akan meningkat setelah proses evakuasi secara menyeluruh dilakukan.

VIVA Militer: Milisi Kurdi berjaga di reruntuhan markas komando di Irak

Photo :
  • washingtonpost.com
Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

"Ambulans telah berjuang untuk mencapai beberapa lokasi yang terkena dampak, yang berada di daerah pegunungan yang terpencil. Dan, jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat," ujar Barzanji.

Serangan IRGC diyakini menargetkan sejumlah basis milisi Kurdi di sejumlah wilayah. Partai Demokrat Kurdi Iran di distrik Koysanjak, Irbil, Partai Komala Kurdi di desa Zarkwezela, provinsi Sulaymaniyah, serta Partai Kebebasan Kurdistan di provinsi Kirkuk.

Partai Demokrat Kurdi Iran mengkonfirmasi kematian dua anggotanya. Sementara pemimpin Partai Kebebasan Kurdistan, Hussein Yazdanpanah, mengatakan kepada media Kurdi bahwa kelompoknya telah mengalami kerugian besar akibat serangan itu.

Serangan ini adalah yang kedua dilancarkan militer Iran dalam waktu kurang dari sepekan. IRGC juga membombardir markas komando milisi Kurdi di Irbil, Sabtu 24 September 2022 lalu. Pasca serangan itu, IRGC bersikeras untuk tetap melanjutkan operasi militer dalam rangka mengeliminasi milisi Kurdi.

VIVA Militer: Anggota milisi Kurdi Iran

Photo :
  • iranpremier.usip.org

"Operasi ini akan terus berlanjut untuk memastikan keamanan perbatasan yang layak, dan menghukum teroris kriminal," bunyi pernyataan Korps Garda Revolusi Islam Iran dikutip VIVA Militer dari Tasnim News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya