Siasat Ukraina Bunuh Pelan-pelan Ribuan Tentara Rusia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)
VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU)
Sumber :
  • newsweek.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) diklaim telah berhasil memukul sejumlah basis militer Rusia, usai melancarkan serangan balik di sejumlah wilayah. Aksi serangan balasan Ukraina meningkat dalam waktu sebulan terakhir, dan masih akan berlanjut.

Seorang koresponden Rusia melaporkan, Semyon Pegov, militer Ukraina melakukan serangan besar-besaran di kota Kharkiv, Oblast (Provinsi) Kharkiv. Serangan itu diyakini sebagai strategi Ukraina untuk membangun jalur menuju Donestk, yang berada di ambang bergabung dengan Rusia.

Pegov mengungkap, pada pekan pertama serangan balasan pasukan Ukraina membombardir Oblast Kherson. Serangan dilancarkan untuk menggagalkan mobilisasi pasukan Rusia dari front timur ke selatan.

Kemudian di pekan kedua dan ketiga, unit militer Ukraina juga berhasil menghancurkan pasukan elite tank Rusia, di dekat Kharkiv. Serangan taktis Ukraina disebut Pegov membuat ribuan tentara Rusia melarikan diri ke front timur melalui Sungai Oskil. 

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Donetsk

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia di Donetsk

Photo :
  • ukrinform.net

Ribuan tentara Rusia juga meninggalkan ratusan tank, kendaraan infanteri lapis baja dan sejumlah howitzer (meriam).bMoral pasukan Ukraina semakin meningkat setelah sederet keberhasilan itu. 

Saat ini, militer Ukraina menargetkan serangan kota Lyman, Donetsk. Lyman memiliki peran vital, sebagai pusat logistik Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) selama invasi berlangsung. Di Lyman, militer Rusia mendistribusikan logistik melalui jalur kereta api.